Stok Minyak Goreng di Bulog Lahat Kosong Sejak Tahun Lalu

Jum'at, 28 Januari 2022 - 04:01 WIB
loading...
Stok Minyak Goreng di Bulog Lahat Kosong Sejak Tahun Lalu
Kurangnya persediaan stok minyak goreng di gudang membuat Badan Urusan Logistik (Bulog) Kabupaten Lahat kewalahan menghadapi tingginya permintaan masyarat. SINDOnews/Dede
A A A
LAHAT - Kurangnya persediaan stok minyak goreng di gudang membuat Badan Urusan Logistik (Bulog) Kabupaten Lahat kewalahan menghadapi tingginya permintaan masyarat. Bahkan, terungkap minimnya stok minyak goreng itu dialami sejak Oktober 2021 lalu.

Pimpinan Cabang Bulog Kabupaten Lahat, Harmein Indra Pohan mengatakan, ketika komoditi minyak goreng melonjak seperti saat ini, persediaannya berkurang sehingga tidak mendapatkan alokasi.

"Sejak Oktober tahun 2021, stok Migor di Bulog Lahat habis. Penyebabnya karena memang dari bahan bakunya yang berkurang, yakni dari sawitnya," ujar Harmein.

Harmein mengungkapkan, bahwa kebutuhan minyak goreng di Lahat cukup tinggi yakni mencapai 10.000 liter perbulan, hanya saja tidak diimbangi dengan ketersediaan pasokan.

"Kalau kita jual ke pedagang partai besar dan bisa di eceran juga, namun dengan harga di bawah Rp14.000 perliter. Tentunya kalau yang beli jumlah banyak, seperti agen kita jual dengan harga yang lebih murah, itu sebelum harga minyak melonjak," ungkapnya.

Untuk mengatasi kebutuhan masyarakat akan minyak goreng, lanjut Harmein, pihaknya berencana akan mengadakan operasi pasar, hanya saja perintah untuk menggelar pasar murah tersebut belum didapati.

"Memang susah kita ajukan mengenai operasi pasar, tapi belum ada perintah resminya, dari atasan kami. Kalau memang ada perintah, pasti kami jalankan operasi pasar dengan harga minyak sesuai ketetapan yang berlaku saat ini yakni Rp14 ribu," ungkapnya. Baca: Duh, Ketua Lembaga Pengelola Hutan di Bali jadi Tersangka Pembalakan Liar.

Dari pantauan yang dilakukan di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Lahat, harga minyak goreng belum mengalami penurunan yang signifikan.

"Kami beli dengan modal yang mahal, jadi tidak mungkin kami secara drastis menurunkan harganya, kami bisa rugi. Harga minyak goreng saat ini juga sudah turun sedikit, sebelumnya mencapai Rp20 ribu liter, namun saat ini sudah turun menjadi Rp17 ribu hingga Rp18 ribu perliter," ucap Hendrawan pedagang di Pasar Bawah Lahat. Baca Juga: Gugur Akibat Serangan Brutal KKB, Jenazah Sertu Anumerta Rizal akan Dimakamkan di Bandung.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1153 seconds (0.1#10.140)