Berdiri 40 Tahun, WEGE Revitalisasi Pasar Mardika Ambon

Kamis, 27 Januari 2022 - 18:59 WIB
loading...
Berdiri 40 Tahun, WEGE Revitalisasi Pasar Mardika Ambon
Gubernur Maluku Murad Ismail mendukung pembangunan Pasar Mardika yang lebih modern di Ambon.(Ist)
A A A
AMBON - PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk resmi merevitalisasi Pasar Mardika Ambon, Sirimau, Kota Ambon, Maluku, Kamis (27/1/2022). Pembangunan itu dilakukan demi mempercantik dan merangsang ekonomi sekitar.

Pembangunan Pasar Mardika diawali dengan peletakan batu pertama (Ground Breaking) oleh Gubernur Maluku Murad Ismail, Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy serta Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Provinsi Maluku Abdul Halil Kastella.

Gubernur Maluku Murad Ismail mendukung pembangunan Pasar Mardika yang lebih modern di Ambon. Hal itu ia ungkapkan saat Ground Breaking Pasar Mardika di Ambon.

"Atas nama pemerintah dan masyarakat Maluku, saya menyampaikan terima kasih yang tulus kepada Bapak Presiden Joko Widodo yang telah menyetujui usulan revitalisasi Pasar Mardika oleh Pemprov Maluku dan telah ditindaklanjuti oleh Menteri PUPR, Menteri Perdagangan dan Menteri Keuangan sehingga pada hari ini kita sudah dapat melaksanakan groundbreaking," katanya.

Beliau berharap bangunan pasar rakyat ini akan menjadi ikon yang memberi warna lain bagi wajah Kota Ambon secara khusus dan Provinsi Maluku secara umum di masa yang akan datang serta menjadi sarana pada perdagangan dalam meningkatkan sarana pertumbuhan ekonomi wilayah ini.

Diketahui, bangunan baru Pasar Mardika direncanakan dibangun dengan konsep modern yang terintegrasi dengan areal komersial.

Sesuai desain, pasar tradisional modern senilai Rp 101,51 Miliar ini, memiliki luas lahan 7.900 meter persegi dengan ruang terbuka hijau 2400 meter persegi. Serta luas bangunan 18.482 meter persegi yang mencakup empat lantai.

Lantai 1 dan 2 nantinya akan menampung pedagang basah yaitu penjual sayur, ikan, daging, dan buah – buahan. Sementara di lantai 3 dan 4 disediakan untuk para pedagang kering, yakni penjual pakaian, elektronik, kebutuhan pokok lainnya serta pujasera sebanyak 3.200 unit los dan kios.

Diharapkan hasil pembangunan Pasar Mardika yang merupakan bagian dari Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) ini dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat Kota Ambon, serta memberikan nilai manfaat langsung kepada para pedagang maupun kepada masyarakat sekitar, sehingga Kota Ambon memiliki fasilitas gedung yang representatif untuk menampung aktivitas perdagangan. Baca: Gajah Liar Mengamuk di Areal Kebun Sawit 1 Warga Tewas Diserang dengan Usus Terburai.

Turut hadir dalam groundbreaking tersebut, Sekda Maluku Sadli Ie, Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy, Pimpinan DPRD Maluku Azis Sangkala, Rektor Unpatti MJ Sapteno, Sekretaris Kota Ambon Agus Ririmase dan sejumlah pimpinan OPD lingkup Pemprov Maluku.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1862 seconds (0.1#10.140)