Jangan Panik! Terpapar Omicron Ternyata Bisa Isoman di Kamar

Senin, 24 Januari 2022 - 11:22 WIB
loading...
Jangan Panik! Terpapar Omicron Ternyata Bisa Isoman di Kamar
Ratusan personel Polda Jateng menjalani tes swab untuk mengantisipasi penyebaran virus corona varian Omicron.Foto/Taufik Budi
A A A
SEMARANG - Ratusan personel Polda Jateng menjalani tes swab untuk mengantisipasi penyebaran virus corona varian Omicron . Sebab, varian Omicron kini telah menginfeksi sejumlah warga di Jawa Tengah.

Tes swab dilaksanakan Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes) Polda Jawa Tengah. Kegiatan dipimpin Kabid Dokkes Kombes Pol Sumy Hastry Purwanti di area lobi Mapolda Jateng setelah apel pagi, Senin, (24/1/2022).

Baca juga: Antisipasi Penyebaran Omicron, Pamor Keris Siap Tertibkan Prokes Masyarakat Jatim

"Hal ini (tes swab) dilakukan hanya sebagai langkah antisipasi, tidak ada yang perlu ditakuti. Sejauh ini sudah sekitar 200-an personel (hasil swab) tidak ada yang positif," ujar dr. Hastry.

Disebutkan juga bahwa apabila didapati anggota polisi dengan hasil positif, maka tindakan penanganan melihat kondisi dari yang bersangkutan.

"Bila ditemukan (anggota yang positif) kita pantau kesehatannya, kalau gejalanya ringan bisa melakukan isoman di rumah dengan kamar tersendiri dan taat prokes.Tapi bila ada gejala atau punya komorbid maka penanganan diarahkan ke RS Bhayangkara," jelasnya.



Dia juga mengimbau seluruh personel Polri serta masyarakat di Jawa Tengah untuk tidak lengah dan mewaspadai masuknya varian Omicron di Jawa Tengah. "Kuncinya sederhana, masyarakat termasuk anggota Polri selalu taat prokes dan menjaga kesehatan," ungkapnya.

Sebelumya, Kapolda Jateng melalui Kabidhumas Kombes Pol M Iqbal Alqudusy mengatakan kondisi kebugaran personel polisi akan dipantau setiap saat. Pemberian vaksin booster ke seluruh anggota Polda Jateng juga tengah berjalan.

"Penekanan Kapolda, anggota dalam bekerja di tengah masyarakat harus dalam kondisi sehat. Sebelum masyarakat sehat, anggota yang bertugas harus sehat terlebih dulu," jelasnya.

Untuk itu, kegiatan olahraga dan berjemur di pagi hari rutin dilakukan seluruh anggota Polda Jateng termasuk dalam penerapan prokes. "Untuk menanggulangi penyebaran varian Omicron, Polda Jateng juga konsisten untuk aktif melakukan pencegahan baik di internal Polri maupun di tengah masyarakat," terangnya.

Dia berharap masyarakat bersama Polri dan stakeholder terkait dapat bahu-membahu memberantas penyebaran COVID di Jawa Tengah.

"Kegiatan tracking dan tracing serta vaksinasi terus kita kebut. Masyarakat kami harap juga kooperatif dengan tetap menjaga prokes dan segera melaporkan diri ke petugas apabila terpapar atau pernah kontak dengan orang yang terpapar COVID-19," tutupnya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1086 seconds (0.1#10.140)