Siklon Tropis Saola hantam Maluku, 7 tewas

Rabu, 01 Agustus 2012 - 15:26 WIB
Siklon Tropis Saola hantam Maluku, 7 tewas
Siklon Tropis Saola hantam Maluku, 7 tewas
A A A
Sindonews.com - Dampak Siklon Tropis Saola di Kepulauan Maluku berdampak cukup besar. Sebagian wilayah di Kota Ambon terendam banjir dan tanah longsor. Tercatat tujuh orang meninggal dunia akibat banjir dan tanah longsor ini.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan sebagian besar wilayah di Kota Ambon dan sekitarnya, seperti Galala, Lateri, Passo, Laha-Tawiri dan di Leitimur Selatan dan sekitarnya terendam banjir. Beberapa tempat juga terjadi longsor.

"Daerah-daerah yang terkena longsoran dan genangan air antara lain Batu Gajah, Mangga Dua, Karang Panjang, Batu Merah, Kebun Cengkeh, Ahuru, Galala, Lateri, Passo, Nania Negeri Lama, Wayame, Hatiwe Besar, Tawiri dan Laha. Beberapa ruas jalan di Kota Ambon juga putus akibat amblas," ujar Sutopo menjelaskan kepada wartawan dalam siaran persnya, Rabu (1/8/2012).

BNPB juga mencatat, tujuh orang meninggal dunia yaitu satu orang warga BTN Kanawa, dan dua orang lainnya meninggal di daerah Negeri Lama. Empat orang lagi di daerah Wayori Passo akibat longsor.

Sebagian besar permukiman warga terisolir sehingga perlu dievakuasi dengan tali. Untuk itu, BNPB berkoordinasi dengan BPBD dan instansi terkait dalam rangka tanggap darurat maupun proses evakuasi.

"Saat ini sedang dilakukan pendataan dan penangananan pengungsi maupun kerusakan/kerugian. Saat ini hujan dan banjir masih berlangsung di Kota Ambon," ucap Sutopo.

Saat ini siklon tropis Saola di perairan Filipina bagian utara makin menguat dengan tekanan terendah 950 MB dan kekuatan 80 knot (150 km per jam). Pergerakannya cenderung ke arah utara barat laut menjauhi wilayah Indonesia.

BMKG telah menyampaikan info ke Posko BNPB, wilayah yang berpotensi hujan lebat terjadi di Kalimantan Tengah bagian tengah dan utara, Maluku Utara bagian tengah dan tenggara, Papua Barat bagian barat, dan Papua bagian tengah. Sedangkan Sulawesi Tengah bagian timur berpeluang hujan lebat diiringi kilat dan angin kencang.

Gelombang dengan tinggi 3-5 meter berpeluang terjadi di Perairan Kepulauan Sangihe Talaud, Laut Maluku, Perairan Selatan Sulawesi Utara, Laut Banda bagian tengah dan timur, Perairan Selatan Ambon Kepulauan Maluku, Perairan Tanimbar, Laut Arafuru, dan Laut China Selatan.
(azh)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6404 seconds (0.1#10.140)