Kisah Putri Alun, Selir Cantik Raja Majapahit Diusir dari Istana karena Asal-usulnya Terbongkar

Rabu, 19 Januari 2022 - 05:55 WIB
loading...
Kisah Putri Alun, Selir Cantik Raja Majapahit Diusir dari Istana karena Asal-usulnya Terbongkar
Tampak sosok Candi Tawangalu yang merupakan peninggalan kerajaan majapahit di wilayah Sidoarjo, Jawa Timur. Foto: Facebook
A A A
Pada masa kerajaan Majapahit ada seorang penguasa lokal yang bernama Resi Tawangalun , dia adalah penguasa di daerahnya.

Raja Majapahit tidak suka dengan daerah yang dikuasai Resi Tawangalun karena orang-orang daerah tersebut terkenal kasar-kasar dan mempunyai kebiasaan memakan daging mentah.

ResiTawangalun mempunyai putri yang bernama putri Alun. Suatu ketika putri Alun menyukai Raja Brawijaya yaitu Raja Majapahit di masa itu.

Kisah Putri Alun, Selir Cantik Raja Majapahit Diusir dari Istana karena Asal-usulnya Terbongkar

Baca juga: Harta Karun Gunung Penanggungan Jejak Peninggalan Kerajaan Majapahit

Putri Alun meminta kepada ayahnya untuk merubah tabiat dirinya menjadi baik agar Brawijaya tertarik kepadanya.

Suatu ketika karena keegoisan sang raja Brawijaya beliau mempersunting putri Alun untuk menjadi selirnya, lama kelamaan sifat asli putri Alun muncul dan terlihat oleh orang istana ketika putri Alun melihat daging yang berada di depannya dan dia memakan mentah-mentah daging tersebut.



Kabar berita kalau putri Alun memakan daging mentah tersebut sampai di telinga Sang Raja, Raja Brawijaya marah dan kesal saat mendengar kabar tersebut, tanpa pikir lagi sang raja mengusir putri Alun dari istana dalam keadaan hamil.

Putri Alun pun kembali ke ayahnya dan melahirkan anak yang di beri nama Aryo Damar. Waktu terus berjalan dan Aryo Damar sudah besar, awalnya Aryo Damar mengira kalau Resi Tawanggalun adalah ayahnya tetapi dia ada keraguan karena ibunya memangil Resi Tawangalun dengan sebutan ayah.

Ario Damar penasaran dan dia menanyakan kepada ibunya siapa sebenarnya ayah kandungnya, putri Alun pun menjawabnya bahwa raja Brawijaya adalah ayah kandungnya. Ario Damar kemudian meminta restu dari ibu dan kakeknya untuk mencari ayah kandungnya.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3155 seconds (11.97#12.26)