Penampakan Fosil Gajah dan Kerbau Purba yang Ditemukan di Waduk Saguling

Senin, 17 Januari 2022 - 17:09 WIB
loading...
Penampakan Fosil Gajah dan Kerbau Purba yang Ditemukan di Waduk Saguling
Tim peneliti dari UI, ITB, dan Museum Geologi Bandung menyelamatkan fosil hewan purba di Sirtwo Island, Waduk Saguling. Foto/Ist
A A A
BANDUNG BARAT - Tim peneliti gabungan dari Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), dan Museum Geologi Bandung menyelamatkan 2 fosil hewan purba di Waduk Saguling.

Lokasinya berada di Sirtwo Island, Kampung Suramanggala RT 01/01 Desa Baranangsiang, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat.



Fosil yang diselamatkan berupa tulang rusuk gajah dan setengah tengkorak fosil kerbau berserta satu tanduknya.

"Penyelamatan harus dilakukan karena lokasi penemuan fosil ini dekat dengan air waduk yang saat ini telah mencapai 1 meter. Khawatirnya tergenang dan tenggelam," terang Paleontolog dari UI, Sukiato Khurniawan, Senin (17/1/2022).

Fosil kerbau purba yang diselamatkan berupa setengah tengkorak dan tanduk bagian kiri. Kondisi tanduk kerbau itu berhasil terawetkan utuh dengan panjang sekitar 90 cm.

Awalnya yang terlihat hanya setengah tengkorak tapi ketika digali ada tanduknya.


Di lokasi tersebut tim menemukan beberapa hewan purba yang berasal dari kelompok bovidae (sapi, kerbau dan banteng), cervidae (rusa) dan elepha maximus (gajah). Fosil gajah diselamatkan lebih awal karena letaknya lebih dekat dengan permukaan air.

Lebih lanjut dikatakannya, secara logika tidak mungkin kerbau dengan tanduk sepanjang itu bisa hidup di hutan lebat dengan pepohonan rapat.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1286 seconds (0.1#10.140)