YABBM Turut Sukseskan Vaksinasi Booster di Kota Makassar

Senin, 17 Januari 2022 - 15:12 WIB
loading...
YABBM Turut Sukseskan Vaksinasi Booster di Kota Makassar
Yayasan Anak Bangsa Berakhlak Mulia (YABBM) turut mendukung suksesnya vaksinasi booster dengan pelaksanaan vaksinasi untuk lansia di Phinisi Point, Sabtu (15/1/2022). Foto: Istimewa
A A A
MAKASSAR - Vaksinasi Covid-19 dosis ketiga atau booster sudah dilaksanakan di Kota Makassar. Yayasan Anak Bangsa Berakhlak Mulia (YABBM) turut mendukung suksesnya vaksinasi tersebut dengan pelaksanaan vaksinasi untuk lansia yang berlangsung di Phinisi Point, Sabtu (15/1/2022).

Ketua YABBM, Ariella Hana Sinjaya mengungkapkan, vaksinasi booster yang digelar YABBM dikhususkan untuk lansia usia 60 tahun ke atas. Tak hanya booster, ada juga lansia yang baru divaksin dosis pertama maupun kedua.



Adapun jenis vaksin booster yang digunakan tergantung dosis pertama dan kedua yang digunakan sasaran vaksinasi. Sebagai contoh, jika vaksin pertama dan kedua menggunakan Sinovac, maka dosis ketiga pakai vaksin Pfizer .

Hingga saat ini, vaksinasi booster masih difokuskan untuk lansia, karena target 60 persen di Kota Makassar belum tercapai. Vaksinasi booster untuk umum baru dibolehkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) jika target tersebut sudah dicapai.

"Memang vaksinasi lanjutan belum untuk umum, untuk lansia yang usia 60 tahun ke atas yang sudah diizinkan oleh Kemenkes. Yang kami terima pun berdasarkan arahan dari Dinas Kesehatan Kota Makassar," jelas Ariella.

Tak hanya melaksanakan vaksinasi untuk lansia, YABBM turut mendukung percepatan vaksinasi anak usia 6-11 tahun. Vaksinasi tersebut diakuinya mendapatkan respons antusias. Meski demikian, pihaknya membatasi jumlah penerima vaksin karena vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun masih baru.

"Lebih banyak lagi yang mendaftar tapi kami tolak karena butuh mempelajari bagaimana prosesnya. Karena anak kecil kan banyak menangis, takut jarum dan lain-lain," jelasnya.





Diketahui, YABBM memang turut berperan dalam percepatan vaksinasi di Kota Makassar. Lembaga non profit tersebut telah melaksanakan vaksinasi secara berkelanjutan sejak imbauan vaksinasi diumumkan pemerintah.

Nah, untuk vaksinasi booster dan anak usia 6-11 tahun akan dilanjutkan pada 17-21 Januari 2021. Ada 1.000 dosis vaksin yang disiapkan setiap hari. Pada pekan selanjutnya, vaksinasi akan tetap digelar setiap hari Jumat dan Sabtu di lokasi yang sama, yaitu Phinisi Point.
(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1757 seconds (0.1#10.140)