Tekan Harga Minyak Goreng, Ridwan Kamil Gencarkan Operasi Pasar di Jabar

Sabtu, 15 Januari 2022 - 14:38 WIB
loading...
Tekan Harga Minyak Goreng, Ridwan Kamil Gencarkan Operasi Pasar di Jabar
Duta Pasar Rakyat Juara Jabar, Atalia Praratya Ridwan Kamil melayani warga dalam operasi pasar minyak goreng murah di Purwakarta. Foto/Pemprov Jabar
A A A
BANDUNG - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menggencarkan operasi pasar murah untuk menekan harga minyak goreng yang kini meroket. Operasi pasar minyak goreng murah rencananya bakal terus digelar merata di 26 kabupaten/kota di Jabar.

Pemantauan pun dilakukan untuk memastikan operasi pasar berjalan optimal dan tepat sasaran. Terakhir, Gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu memantau operasi pasar minyak goreng murah di Kantor Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Jumat (14/1/2022) kemarin. Baca juga: Tekan Radikalime dan Terorisme, Jabar-BNPT Bangun Kolaborasi Pentahelix

"Di Purwakarta, kami terus memantau pendistribusian di situasi yang tidak nyaman bagi masyarakat, khususnya kenaikan minyak gorang yang hampir Rp40 ribu (per 2 liter), padahal normalnya hanya Rp28 ribu (per 2 liter)," tutur Kang Emil dalam keterangan resminya, Sabtu (15/1/2022).

"Oleh karena itu, operasi pasar kami terus lakukan. Yang minggu ini ada di 11 kabupaten/kota. Tapi minggu depan, seluruh 27 kabupaten/kota bisa terjangkau," sambung dia.

Menurut Kang Emil, operasi pasar minyak goreng murah di Purwakarta sendiri berlangsung di tiga kecamatan. Dia pun mengapresiasi Pemkab Purwakarta yang sigap menggelar operasi pasar tersebut.





Dalam operasi pasar di purwakarta tersebut, pihaknya menyiapkan sekitar 240.000 liter minyak goreng yang dijual Rp14 ribu per liter dan tiap orang hanya diperbolehkan membeli dua botol atau dua liter. "Nantinya minyak goreng ini akan dibagi ke 27 kabupaten/kota sesuai kebutuhan," imbuhnya.

Untuk memantau harga minyak goreng di pasar-pasar, Kang Emil pun meminta Duta Pasar Rakyat Juara Jabar, Atalia Praratya Ridwan Kamil melakukan pengecekan secara langsung dan berkala ke pasar-pasar rakyat di Jabar.

"Saya minta Ibu Atalia selaku Duta Pasar Jawa Barat untuk memantau juga di ratusan pasar Jawa Barat terkait kondisi ini," ucapnya. Baca juga: Kurikulum Bisnis Digital bersama Shopee, Ridwan Kamil Ingatkan Adaptasi Teknologi

Selain itu, guna memastikan ketersedian minyak goreng tetap aman, Pemprov Jabar akan berkolaborasi dengan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jabar untuk memantau kondisi minyak goreng di gudang Bulog.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2304 seconds (11.210#12.26)