Banjir Bandang Dahsyat Terjang Manado 15 Januari 2014 Lalu

Sabtu, 15 Januari 2022 - 11:21 WIB
loading...
Banjir Bandang Dahsyat Terjang Manado 15 Januari 2014 Lalu
Banjir bandang Manado. Foto: Subhan/SINDOnews
A A A
MANADO - Kota Manado dilanda hujan deras sejak malam hari. Kondisi ini berlangsung sejak beberapa hari terakhir. Situasi ini mengingatkan warga Manado akan tragedi banjir bandang yang terjadi delapan tahun silam, 15 Januari 2014.

Banjir bandang kala itu menimpa empat wilayah, di Sulawesi Utara, yaitu Manado, Tomohon, Minahasa, dan Minahasa Utara, dengan wilayah terparah terkena dampak banjir bandang di Manado.

Banjir bandang menyebabkan puluhan ribu orang menjadi korban dan mengungsi, puluhan ribu rumah mengalami kerusakan. Ketinggian banjir dibeberapa tempat melebihi atap rumah, mencapai sekitar 3-4 meter.

Baca juga: Banjir Bandang Jember Tewaskan 2 Orang 1 Hilang, 1.668 Warga Terdampak

Derasnya sapuan air yang datang dari lima sungai besar yang meluap secara bersamaan mengakibatkan tidak kurang dari 40 ribu warga terpaksa harus mengungsi.

Selain itu, banjir bandang menyebabkan kerusakan pada sarana dan prasarana di wilayah yang terkena bencana. Banjir bandang ini juga disusul terjadinya longsor yang mengakibatkan kerugian hingga Rp1,8 Triliun.



Data kerugian tersebut merupakan gabungan laporan kerusakan semua infrastruktur di Manado, mulai dari rumah warga, jalan, jembatan, drainase, tanggul sungai, talud sungai, gedung sekolah, puskesmas, rumah ibadah hingga pasar tradisional.

Baca: Banjir Bandang Terjang Perumahan di Jember, 2 Mobil Warga Terseret Arus

Peristiwa tersebut menjadi sejarah kelam dan masih sangat membekas bagi warga Manado. Linimasa sosial media Facebook hari ini dipenuhi oleh postingan warganet yang mengenang peristiwa kelam tersebut.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2473 seconds (11.252#12.26)