Tewas saat bersepak bola, warga Wamena mengamuk

Selasa, 03 Juli 2012 - 10:24 WIB
Tewas saat bersepak bola, warga Wamena mengamuk
Tewas saat bersepak bola, warga Wamena mengamuk
A A A
Sindonews.com - Warga Wamena, Papua mengamuk dan merusak beberapa sepeda motor. Aksi tersebut terjadi saat pertandingan sepak bola jelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) RI.

Peristiwa awalnya terjadi pada Senin 2 JUli 2012 pukul 17.00 WIT di lapangan sepak bola Koya Timur, Distrik Muara Tami, Wamena. Saat pertandingan antar gang di Koya Timur, dua pemain terlibat benturan ketika merebut bola. Benturan tersebut melibatkan warga pendatang dan warga asli Wamena.

Benturan tersebut menyebabkan Linus Wanimbo, warga asli Wamena tewas di lapangan. Pertandingan pun dihentikan. Mengetahui ada warga asli yang meninggal, dua orang yang masih kerabat korban langsung mengamuk dan mengejar warga pendatang menggunkana panah dan parang.

Salah seorang warga pendatang yang mengetahui amukan warga asli Wamena tersebut langsung melaporkan kejadian tersebut ke pos Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Koya Timur.

"Mereka mengejar warga, khususnya warga pendatang menggunakan parang," ujar salah seorang warga menjelaskan, Rabu (3/7/2012).

Dua warga yang mengamuk ini yakni Sumi Tabuni dan Bento Wanimbo akhirnya dapat diamankan oleh TNI yang datang ke lapangan setelah mendapat laporan dari warga.

Akan tetapi, setelah mengamankan Sumi dan Bento, puluhan orang yang mengaku kerabat korban mendatangi lapangan sepak bola. Mereka mengamuk dan merusak beberapa sepeda motor yang diparkir di sekitar lapangan. Puluhan warga tersebut juga mengancam akan membakar rumah warga. Akan tetapi, amuk massa tersebut bisa diredam oleh anggota TNI yang langsung melakukan pengamanan di sekitar lapangan.

Sementara, korban Linus Wanimbo kini disemayamkan di rumah duka di Gang Jambu Koya Timur, Distrik Muara Tami. Situasi di sekitar lapangan masih belum normal. aparat TNI masih melakukan penjagaan untuk mengantisipasi aksi susulan dari warga.
(azh)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3596 seconds (0.1#10.140)