Sekolah Harus Proaktif Cegah Perundungan Antar Siswa

Jum'at, 14 Januari 2022 - 09:08 WIB
loading...
Sekolah Harus Proaktif Cegah Perundungan Antar Siswa
Cuplikan video perundungan antar siswi SMP yang sempat viral beberapa waktu lalu. Foto/Istimewa
A A A
MAKASSAR - Kasus dugaan perundungan antar siswi SMP yang terjadi belum lama ini menyita perhatian banyak pihak. Peristiwa itu menjadi indikasi lemahnya pengawasan terhadap anak didik. Sekolah harus lebih proaktif memperhatikan perilaku siswa-siswinya untuk mencegah perundungan tejadi.

Pengamat Pendidikan, Adi Suryadi Culla menilai, pihak sekolah lemah dalam mengawasi siswanya. Apalagi insiden perundungan itu terjadi di sekitar sekolah.

"Kepsek (kepala sekolah) tidak boleh lepas tangan dan harus mengarahkan siswanya. Apalagi ini bagian dari pendidikan karakter," katanya.

Seyogyanya Kepala sekolah bertindak untuk jadi panutan dalam penegakan kedisiplinan, serta bertanggung jawab terhadap proses pendidikan. Kejadian tersebut dapat menjadi bahan evaluasi khusus terkait kinerja dari kepala sekolah.



"Selain itu perlu dibenahi hubungan antara sekolah dengan orang tua siswa. Karena Pendidikan anak tidak hanya menjadi tanggung jawab sekolah tetapi orang tua secara bersamaan," tandasnya.

Diketahui, peristiwa perundungan itu sempat viral di media sosial dan diklaim sebagai konten semata. Hanya saja, orang tua siswa yang menjadi korban dalam video tersebut melapor ke polisi.

Sebelumnya Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Makassar telah mempertemukan pihak-pihak terkait, baik dari keluarga maupun sekolah untuk menyelesaikan persoalan tersebut, Selasa (11/1/2022) lalu.

Kepala Disdik Kota Makassar, Muhyiddin meminta maaf jika ada pihak yang tersinggung terkait kasus tersebut. Kesimpulan diambil untuk menghindari dampak sosial yang akan diterima anak-anak ke depannya.

Menurut Muhyiddin, konten yang dimaksudnya bukan dalam konteks sengaja, melainkan spontan dilakukan oleh teman-teman sejawatnya. Anak yang mengunggah video, kata dia, belum mengetahui dampak video yang telah tersebar tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1307 seconds (0.1#10.140)