Asrama Haji Batam Jadi Tempat Karantina PMI dari Malaysia dan Singapura

Jum'at, 14 Januari 2022 - 00:26 WIB
loading...
Asrama Haji Batam Jadi Tempat Karantina PMI dari Malaysia dan Singapura
Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad. Foto: Antara
A A A
BATAM - Asrama Haji Batam kembali difungsikan sebagai lokasi karantina COVID-19 bagi Pekerja Migran Indonesia ( PMI ) yang baru kembali dari Malaysia dan Singapura yang tidak terkonfirmasi positif terpapar virus corona.

Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad telah meminta Satuan Tugas Pemulangan PMI setempat untuk merasionalisasi kapasitas fasilitas dengan kebutuhan, demi memastikan tidak ada virus yang menyebar saat para pahlawan devisa menjalani karantina.

Baca juga: Pelaku Utama Pengiriman PMI Ilegal ke Malaysia Akhirnya Ditangkap

"Maka besok sebagian kita relokasi ke Asrama Haji," kata Gubernur Ansar Ahmad di Batam, Rabu (12/1/2022).

Dia menyatakan telah meninjau Asrama Haji, dan meyakini kebutuhan di sana lengkap. Namun, apabila fasilitas karantina di Asrama Haji Batam masih kurang untuk menampung PMI, maka telah disiapkan Gedung Bapelkes yang juga berada di Batam.

"Kalau masih kurang kita pakai Bapelkes. Intinya jangan sampai karena kelalaian kita di tempat karantina, pada saat tes PCR terakhir jumlahnya (yang terkonfirmasi positif COVID-19) meningkat," kata Ansar.

Baca juga: Kapal Tenggelam Tewaskan Puluhan TKI Ilegal, 1 Pelaku Hamil Besar Ditangkap

Dalam kesempatan itu, dia menyatakan hingga saat ini tidak ada PMI yang dinyatakan positif COVID-19 dengan varian Omicron.

Meski begitu, dia meminta antisipasi terus dilakukan, antara lain dengan menyiapkan fasilitas deteksi varian COVID-19 di laboratorium BTKLPP Batam.

Kemudian, pihaknya juga meminta pemerintah menambah fasilitas tes cepat molekuler di Terminal Feri Batam Centre, tempat kedatangan PMI, agar hasil pemeriksaan COVID-19 bisa lebih cepat diketahui dengan akurasi yang tinggi.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2901 seconds (11.252#12.26)