Diskusi Bareng Warga, Ganjar Puji Kreativitas dan Kolaborasi Masyarakat Kebumen

Selasa, 11 Januari 2022 - 23:08 WIB
loading...
Diskusi Bareng Warga, Ganjar Puji Kreativitas dan Kolaborasi Masyarakat Kebumen
Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo saat Ngopi Bareng warga, tenaga kesehatan, kelompok tani, dan penyuluh pertanian, di Kebumen, Selasa (11/1/2022). Foto: Istimewa
A A A
KEBUMEN - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo memuji kreativitas masyarakat Karanggayam, Kabupaten Kebumen dalam meningkatkan taraf perekonomian hidupnya.

Pujian tersebut disampaikan Ganjar saat berdiskusi bersama warga, tenaga kesehatan, kelompok tani, dan penyuluh pertanian di Karanggayam, Kabupaten Kebumen.



Menurutnya, inovasi yang diciptakan tak lain agar memaksimalkan potensi-potensi daerah itu. “Antusiasme masyarakat Karanggayam, Kebumen sangat bagus. Kita ditampilkan contoh beberapa produk seperti kopi yang sudah sampai Rusia, batik, maupun kerajinan dari kayu," ucap Ganjar usai Ngopi Bareng warga, tenaga kesehatan, kelompok tani, dan penyuluh pertanian, Selasa (11/1/2022).



Selain itu, anak-anak muda di wilayah tersebut turut berkontribusi, dengan melakukan konservasi, menanam, mengelola kayu, sampai mengurus sertifikat secara mandiri. Padahal, untuk memenuhi itu semua membutuhkan dana ratusan juta rupiah.

“Dia urus semuanya itu termasuk bagaimana mereka mengkonservasi sumber mata air. Ada yang bentuknya koperasi, komunitas dalam masyarakat seperti kelompok tani hutan," bebernya.



"itu ide yang bagus karena itu muncul dari partisipasi masyarakat. Mereka-mereka ini ternyata cukup kreatif dalam pengelolaannya sehingga kita bisa mendapatkan insightnya," tutur dia.

Ganjar menerangkan, pertemuan kali ini juga sebagai bentuk perhatian pemerintah, menampung aspirasi maupun permasalahan yang dirasakan masyarakat. Sehingga, diharapkan dapat menemukan solusi pemecahan masalah tersebut.

"Tentu saja kalau ini sudah bisa berjalan, kita barengkan dengan program yang ada di kabupaten/kota, provinsi, dan pusat. Supaya ada manfaat dari beberapa persoalan, apakah itu marketing dan sebagainya," pungkasnya.
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.1261 seconds (0.1#10.140)