Cegah Masuknya COVID-19, Rutan Banjarsari Cerme Lockdown

Rabu, 10 Juni 2020 - 17:48 WIB
loading...
Cegah Masuknya COVID-19, Rutan Banjarsari Cerme Lockdown
Antisipasi masuknya COVID-19, manajemen Rutan Banjarsari melakukan lockdown. Foto/Ilustrasi
A A A
GRESIK - Antisipasi masuknya COVID-19, manajemen Rutan Banjarsari, melakukan lockdown. Rutan tersebut, saat ini tidak menerima kunjungan dan tambahan tahanan lagi.

(Baca juga: Hasil Swab Driver Ojol Korban Penjambretan Positif COVID-19 )

Alasannya, keputusan itu menindaklanjuti aturan Kementrian Hukum dan HAM, serta Dirjen Pemasyarakatan. Sejak pandemi COVID-19, sistem persidangan dilaksanakan secara online atau virtual. Sistem kunjungan juga ditutup total. Petugas hanya menerima titipan barang.

Jika pihak keluarga tahanan ingin berkomunikasi dengan warga binaan, Rutan tersebut telah memfasilitasi dengan video call. "Jadi, warga binaan masih bisa komunikasi dengan keluarganya," ujar Kasi Pelayanan Rutan Kelas IIB Gresik Anis Handoyo, Rabu (10/6/2020).

Apabila ada warga yang tidak mempunyai fasilitas android, mereka bisa lansung datang ke Rutan. Di depan Rutan ada fasilitas untuk video call dengan warga binaan. "Proses persidangan Polres yang memfasilitasi. Jadi, setelah tahap dua, tersangka dikembalikan ke Polres," katanya.

(Baca juga: Bahas Nasib Liga 1 dan Liga 2 2020, PSSI Bertemu PT LIB )

Terpisah, Kasi Pidana Umum (Pidum) Kejaksaan Negeri Gresik, Edrus mengatakan, memang saat ini Rutan sedang lockdown. Tidak menerima tahanan baru. Khusus tahanan yang sudah divonis dengan memiliki kekuatan hukum tetap atau inkrah, tetap bisa masuk. Tapi dengan protokol kesehatan COVID-19.

(Baca juga: Ini Saran Dokter Cantik Reisa untuk Penggunaan Masker Kain )

"Poses tahap dua yang baru, tersangka kami dikembalikan ke Polres dan Polsek masing-masing," imbuhnya. Pihaknya berharap pandemi ini segera hilang. Sehingga aktivitas masyarakat bisa berjalan seperti sedia kala.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1773 seconds (0.1#10.140)