Siswi SMP di Makassar Luka Sekujur Tubuh, Diduga Akibat Disiram Air Keras

Jum'at, 07 Januari 2022 - 19:51 WIB
loading...
Siswi SMP di Makassar Luka Sekujur Tubuh, Diduga Akibat Disiram Air Keras
Kepala DP3A Kota Makassar, Achi Soleman menjelaskan kasus yang menimpa RN di kantornya Jalan Nikel III, Kecamatan Rappocini, Kota Makassar, Jumat (7/1). Foto: SINDOnews/Faisal Mustafa
A A A
MAKASSAR - Seorang anak perempuan berinisial RN (12) mengalami luka parah di hampir seluruh bagian tubuhnya diduga akibat siraman air keras. Kondisi itu dilaporkan oleh pihak keluarganya ke UPTD Perlindungan Perempuan dan anak Kota Makassar, Jumat (7/1).

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Makassar, Achi Soleman mengatakan laporan diterima dari ibu dan tante siswi SMP tersebut. Berdasarkan asesmen atau keterangan keluarga, RN diduga nyaris jadi korban perdagangan manusia atau human trafficking .

Baca juga:Penjual Bocah Kelas 6 SD di Apartemen Kalibata City Terancam 15 Tahun Penjara

"Karena RN ini digagalkan oleh keluarganya ketika akan dikirim ke Sidrap. Ditemukan di satu kosan di Kecamatan Panakkukang, bersama perempuan sebayanya yang berasal dari daerah lain di Sulsel, seperti Palopo, Luwu Utara dan lainnya," kata Achi di kantornya Jalan Nikel III, Makassar.

Dia menambahkan, RN diduga disiksa ketika hendak kabur dari lokasi tersebut. Namun kejadian pastinya belum dapat diterangkan oleh pihak keluarga maupun pihak PPA Makassar lantaran kondisi trauma berat dan luka parah yang dialami RN. "Kami belum wawancara langsung kepada korban," ucapnya.

Baca juga:Geram, Kapolrestabes Bandung Terjun Buru Pemerkosa Gadis Belia Dijual di Michat

Achi mengutarakan, RN adalah sulung dari tiga bersaudara. Dua adiknya kembar. Ibunya tidak disebutkan identitasnya demi privasi korban adalah seorang pekerja serabutan. Sedangkan ayahnya tengah menjalani masa hukuman di Lapas Makassar, tidak disebutkan kasus yang menderanya.

Penyiraman menurut Achi berdasarkan keterangan keluarga RN terjadi pada rentang akhir November-Desember 2021. Korban mengalami luka bakar di wajah, badan, tangan dan kaki. RN juga sempat menerima perawatan di Rumah Sakit Ibnu Sina namun terhenti.

"Karena keterbatasan biaya sehingga dipulangkan oleh pihak keluarga dan diputuskan dirawat di rumah. Tapi kemarin pihak kami menemukan RN dan telah membawanya ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Daya Makassar untuk dirawat intensif," paparnya.

Baca juga:Bocah Kelas 6 SD Dijual Pacar untuk Open BO di Apartemen Kalibata City

Sembari menunggu pemulihan RN, kasus ini rencananya akan dilaporkan oleh pihak keluarga ke kepolisian didampingi petugas DP3A Kota Makassar. "Inysaallah besok kami akan melapor ke Unit PPA (Perlindungan Perempuan dan Anak) Polrestabes Makassar," imbuh Achi.

Selain pendampingan hukum, DP3A Makassar bakal menjamin perawatan dan pemulihan RN di rumah sakit. "Pemulihan trauma juga jadi langkah penanganan lanjutkan selain kesehatan dan konseling. Semoga para pelaku bisa diungkap oleh rekan-rekan kepolisian," tegasnya.
(luq)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1562 seconds (10.101#12.26)