Maybrat Berangsur Kondusif, TNI-Polri Fasilitasi Kepulangan Ratusan Pengungsi

Kamis, 06 Januari 2022 - 07:03 WIB
loading...
Maybrat Berangsur Kondusif, TNI-Polri Fasilitasi Kepulangan Ratusan Pengungsi
Sempat jadi zona konflik bersenjata, dua kampung di Distrik Aifat Selatan, Kabupaten Maybrat, Papua Barat, perlahan mulai kembali kondusif. Foto/iNews TV/Chanry Andrew Suripatty
A A A
MAYBRAT - Serangan brutal yang dilancarkan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), sehingga memicu terjadinya konflik bersenjata dengan aparat TNI-Polri di dua kampung yang ada di Distrik Aifat Selatan, Kabupaten Maybrat, Papua Barat, berangsur mulai reda.

Baca juga: Masa Operasi Satgas Nemangkawi Diperpanjang hingga 25 Januari 2022

Kini, situasi di Kabupaten Maybrat semakin kondusif. Aparat TNI-Polri juga mulai membantu masyarakat untuk pulang ke kampung halamannya, setelah sempat mengungsi akibat konflik bersenjata.



Ratusan pengungsi dibantu TNI-Polri pulang ke kampung halamannya di Kampung Susumuk, dan Kampung Kisor. Pemkab Maybrat dan masyakarat berkomitmen untuk kembali merajut asa menjaga perdamaian dan kesatuan di wilayah tersebut.

Baca juga: Laskar Inong Balee, Pasukan Janda Pejuang Aceh yang Ciutkan Nyali Tentara VOC

Konflik bersenjata di wilayah tersebut, berawal dari penyerangan Pos Koramil Kisor oleh anggota KKB, sehingga menyebabkan empat prajurit TNI gugur, pada 2 September 2021 silam. Akibat peristiwa tersebut, sedikitnya 2.000 penduduk di beberapa kampung yang berdekatan dengan Kampung Kisor, memilih mengungsi ke hutan dan sanak keluarga mereka di luar Kabupaten Maybrat.

Penduduk setempat pada umumnya ketakutan menjadi imbas dalam konflik bersenjata tersebut, sehingga lebih memilih mengungsi. Namun saat ini memasuki tahun baru situasi keamanan di Kampung Susumuk dan Kisor ,yang merupakan pusat zona konflik bersenjata perlahan kembali kondusif.

Maybrat Berangsur Kondusif, TNI-Polri Fasilitasi Kepulangan Ratusan Pengungsi


Aparat keamanan dari TNI-Polri terus memberikan jaminan keamanan kepada masyakarat, dan membantu Pemkab Maybrat, dalam proses pengembalian para pengungsi ke kampung halaman mereka masing-masing.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3126 seconds (10.101#12.26)