Puluhan Rumah di Muntok Terendam Diterjang Banjir Rob

Rabu, 05 Januari 2022 - 12:59 WIB
loading...
Puluhan Rumah di Muntok Terendam Diterjang Banjir Rob
Banjir rob kembali menerjang permukiman di Kelurahan Tanjung, Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat. Foto SINDOnews
A A A
BANGKA BARAT - Banjir rob kembali menerjang permukiman di Kelurahan Tanjung, Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat. Akibatnya, puluhan rumah warga terendam banjir yang melanda wilayah itu sejak Rabu (5/1/2022) pagi dengan ketinggian air mencapai hingga lutut kaki orang dewasa.

Kepala BPBD Bangka Barat, Ahmad Nursyandi mengatakan, banjir rob disebabkan hujan yang terus mengguyur Kecamatan Muntok dan sekitarnya, ditambah dengan kondisi air laut yang sedang pasang naik di perairan Pantai Tanjung Limbung.

"Jadi banjir rob hari ini air mulai naik pada pukul 07.00. Kemudian tertinggi di pukul 09.23 setinggi lutut kaki orang dewasa. Untuk rumah yang terdampak, ada sekitar 84 rumah, " kata Ahmad Nursyandi.

Petugas gabungan kemudian mengevakuasi harta benda dan warga Kelurahan Tanjung yang terdampak ke tempat yang lebih aman.



"Kami bersama Pos TNI AL Muntok dan TNI Polri langsung mendatangi dan mengeceknya ke lokasi. Sampai sejauh ini pantauan kami tidak ada korban jiwa, warga sudah mengamankan harta benda maupun surat berharganya. Warga diimbau untuk selalu siap siaga, " tuturnya.

Sementara Sayuti (66), salah seorang warga Kelurahan Tanjung menyampaikan bahwa dirinya mengharapkan adanya bantuan sembako atau makanan. "Hujan deras terus dari setengah tujuh, air laut juga pasang (tinggi). Keadaan rumah air masuk semua. Tidak ada makanan, tidak bisa masak, " ujar Sayuti.

Sebelumnya, pada pertengahan Desember 2021 lalu, banjir rob setinggi lutut kaki orang dewasa sempat melanda ratusan rumah di Kelurahan Tanjung, Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1789 seconds (0.1#10.140)