Pemerintah Siapkan 1000 Rapid Test untuk Warga Eks Pasar Lama

Kamis, 23 April 2020 - 11:59 WIB
loading...
Pemerintah Siapkan 1000 Rapid Test untuk Warga Eks Pasar Lama
Pemerintah Siapkan 1000 Rapid Test untuk Warga Eks Pasar Lama
A A A
SENTANI - Pemerintah sudah menyiapkan 1000 rapid test untuk memeriksa warga yang tinggal di Pasar Lama Sentani. Hal ini dilakukan untuk membatasi penyebaran Covid-19 di wilayah Kabupaten Jayapura.

"Kita ada siapkan 1000 rapid test hari ini, saya sudah sampaikan ke tim kesehatan supaya fokus dulu di beberapa RW di Pasar Lama," kata Bupati Mathius Awoitauw saat saat ditemui wartawan di Kantor Bupati Jayapura, Rabu (22/4/2020).

Pemerintah fokus untuk melokalisir penanganan penyebaran Covid-19 di wilayah-wilayah yang memiliki riwayat pasien positif Covid-19. Bupati Mathius mengatakan, di Kabupaten Jayapura ada beberapa wilayah yang sudah terpapar covid-19 ini.

Namun petugas kesehatan terus bekerja keras untuk mengatasi penyebaran Covid-19 ini. Di beberapa titik yang pernah terpapar Covid-19 ini, tim medis sudah melakukan berbagai upaya pembatasan. Mulai dari memberlakukan karantina dan memetakan penyebaran melalui riwayat kontak erat. Sehingga pada akhirnya dibeberapa wilayah itu sudah mampu ditangani. Sementara ini, kasus terbanyak justru berasal dari Jalan Mambruk Pasar Lama. Itu sebabnya pemerintah memberlakukan karantina wilayah.

"Karantina wilayah ini bertujuan supaya membatasi penyebaran Covid-19 ini, kalau ini bisa diatasi dengan baik maka penyebaran dan munculnya kasus baru pasti bisa diatasi," katanya.

Sementara itu, Juru bicara penanganan Covid-19 Kabupaten Jayapura, Khairul Lie mengatakan, untuk rapid tes ini akan terus dilakukan, khususnya bagi mereka yang memiliki riwayat kontak erat dengan pasien positif Covid-19. Apabila dalam pemeriksaan Rapid Test ini hasilnya reaktif maka yang bersangkutan akan dilakukan pemeriksaan dengan metode Swab tenggorokan untuk lebih memastikan lagi.
(atk)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0993 seconds (0.1#10.140)