Pemda KBB Rancang Konsep Penataan Alun-alun Cililin Pada 2022

Jum'at, 31 Desember 2021 - 17:08 WIB
loading...
Pemda KBB Rancang Konsep Penataan Alun-alun Cililin Pada 2022
Plt Bupati Bandung Barat Hengki Kurniawan. (Foto/Dok.Humas KBB)
A A A
BANDUNG BARAT - Alun-alun Cililin yang memiliki luas sekitar 4.000 meter persegi akan ditata menjadi destinasi wisata dan tempat singgah wisatawan yang berkunjung ke wilayah selatan Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Rencananya Pemda KBB akan menggelontorkan dana dari APBD KBB pada 2022 senilai Rp15 miliar sebagai tahap awal penataan kawasan Alun-alun Cililin yang nantinya berkonsep The Little Madinah.

Berdasarkan konsep yang dirancang nantinya Alun-alun Cililin akan menjadi taman yang memiliki basement untuk parkir kendaraan. Terminal Tipe C seluas sekitar 400 meter akan dipindahkan ke sekitar Pasar Cililin. Sedangkan PKL yang berjumlah sekitar 29 pedagang semuanya akan kembali ditata.

Pemda KBB Rancang Konsep Penataan Alun-alun Cililin Pada 2022

Konsep penataan kawasan Alun-alun Cililin yang dikembangkan Bappelitbangda KBB untuk menjadikan kawasan tersebut menjadi objek wisata bagi pengunjung yang datang ke wilayah selatan KBB. (Foto/Dok.Bappelitbangda)

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) KBB, Asep Wahyu FS mengatakan, total penataan Alun-alun Cililin hingga rampung membutuhkan anggaran sekitar Rp25 miliar.

Awalnya memang akan ada rencana bantuan dari program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Provinsi Jawa Barat. Hanya karena terdampak rasionalisasi imbas pandemi Covid-19 bantuan dari provinsi tidak terealisasi di 2022.

"Jadi untuk 2022 anggaran penataannya dari APBD senilai Rp15 miliar, sambil kita mencari sumber pendanaan bantuan lainnya," tuturnya.

Plt Bupati Bandung Barat Hengki Kurniawan menyebutkan, penataan Alun-alun Cililin sudah diharapkan sejak lama karena memang kondisinya sudah kurang layak. Sehingga ditahap awal ini, akan dilakukan penataan dengan anggaran APBD KBB 2022.

Hal ini seiring dengan diperbaikinya jalan ke arah selatan KBB sepanjang 71 km lebih untuk menopang aksesibilitas warga yang hendak berwisata ke selatan. Sehingga ketika Alun-alun Cililin ditata maka wisatawan juga bisa menikmati untuk sekadar singgah.

"Ke selatan itu banyak objek wisata, makanya kita akan dorong agar semakin banyak tamu ke selatan KBB dan menjadikan Cililin sebagai The Little Madinah," kata Hengki.

Hengki menyebutkan, kawasan Cililin merupakan salah satu wilayah yang dikenal agamis di KBB. Hal tersebut dapat dilihat dari sekolah berbasis agama di sana. Banyaknya ponpes dan santri dari luar kota, maka ketika ada keluarga yang mengantar putra putrinya bisa mampir dulu ke Alun alun Cililin.

"Kami ingin wilayah selatan KBB itu menjadi destinasi wisata, jadi pengunjung dari luar bisa menghabiskan uang di wilayah selatan dan menjadi PAD bagi Pemda KBB," pungkasnya. (advetorial)
(srf)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1562 seconds (11.210#12.26)