Dalam 2 Pekan Sumsel Kumpulkan Komoditas Ekspor Senilai Rp244 Miliar

Jum'at, 31 Desember 2021 - 06:54 WIB
loading...
Dalam 2 Pekan Sumsel Kumpulkan Komoditas Ekspor Senilai Rp244 Miliar
Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) mengekspor komoditas pertanian sebanyak 16,61 ribu ton dengan nilai Rp244,4 milyar ke sejumlah negara. Foto SINDOnews
A A A
PALEMBANG - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) mengekspor komoditas pertanian sebanyak 16,61 ribu ton dengan nilai Rp244,4 milyar ke sejumlah negara. Komoditas tersebut merupakan hasil pertanian Sumsel yang dikumpulkan hanya dalam kurun waktu dua Minggu.

"Pelepasan ekspor akhir tahun ini menjadi tekad kita dalam mendorong peningkatan ekspor sebanyak 3 kali lipat. Ekspor komoditas pertanian ini menjadi salah satu andalan kita untuk meningkatkan kesejahteraan para petani," ujar Gubernur Sumsel, Herman Deru usai melepas ekspor komoditas pertanian Sumsel di kawasan PT Berkat Makmur Kontainer, Kamis (30/12)/2021).

Herman Deru menilai, Provinsi Sumsel memiliki potensi yang sangat besar dalam upaya peningkatan ekspor, khususnya di sektor pertanian. "Sumsel ini kaya akan Sumber Daya Alam. Selain pertanian, kita juga memiliki kekayaan mineral dan batubara. Dan ini memang harus dikelola dengan baik, sehingga dapat mendorong peningkatan ekonomi bagi masyarakat," jelasnya.

Sejak awal kepemimpinannya, Deru berkomitmen untuk memberikan akses terhadap hasil pertanian di Sumsel. Sehingga pembangunan infrastruktur dilakukan secara masif agar proses pendistribusian komoditas pertanian menjadi lancar. Di samping itu, infrastruktur yang baik akan berpengaruh terhadap minimnya biaya distribusi, sehingga penghasilan masyarakat akan semakin meningkat.

"Setinggi apapun harga dan banyaknya hasil panen, tidak akan menjamin meningkatkan ekonomi masyarakat tanpa didukung infrastruktur yang baik. Infrastruktur tersebut menentukan besaran biaya dalam pendistribusian komoditas yang kita hasilkan," katanya.

Selain perlu dukungan infrastruktur, lanjut Deru, upaya peningkatan ekspor tersebut tentu tidak akan bisa tercapai jika hanya dilakukan perorangan, sehingga semua pihak harus terlibat dan saling bekerjasama agar upaya tersebut dapat maksimal.

"Kekayaan SDA tersebut akan sia-sia tanpa pengelolaan yang benar. Ini dibutuhkan peran semua pihak karena upaya ini bukan hanya untuk kepentingan institusi dan individu, tapi juga untuk seluruh masyarakat Sumsel," katanya.

Deru juga mengungkapkan, ekspor daerah ke depannya dipastikan akan lebih dipermudah lantaran Sumsel akan segera memiliki pelabuhan Tanjung Carat. Dengan dimilikinya pelabuhan tersebut, maka biaya pendistribusian akan lebih murah.

"Pembangunan Pelabuhan Tanjung Carat saat ini sedang berjalan. Jika pelabuhan itu selesai, maka secara otomatis ekspor di Sumsel semakin meningkat, terlebih biaya pengiriman akan menjadi lebih murah," ungkap Deru.

Saat ini, Herman Deru juga menilai bahwa provinsi yang dipimpinnya tersebut sudah cukup berhasil dalam meningkatkan ekspor. Namun, memang harus ditingkatkan terus, salah satunya keterbukaan informasi. Masih banyak masyarakat di pelosok yang belum mengetahui produk pertanian apa saja yang memiliki nilai jual dan berpotensi untuk diekspor.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2023 seconds (0.1#10.140)