Carter 17 Penerbangan, DHL Global Forwarding Salurkan Vaksin Covid-19 ke Wilayah Terpencil

Senin, 27 Desember 2021 - 18:42 WIB
loading...
Carter 17 Penerbangan, DHL Global Forwarding Salurkan Vaksin Covid-19 ke Wilayah Terpencil
DHL Global Forwarding salurkan vaksin Covid-19 ke wilayah terpencil. Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Pengiriman logistik vaksin ke sejumlah daerah terpencil di Indonesia, menjadi tantangan bagi DHL Global Forwarding. Dengan mencarter 17 penerbangan, misi pengiriman vaksin pun akhirnya dicapai.

President Director DHL Global Forwarding Indonesia, Vincent Yong mengatakan, pihaknya berhasil mengirimkan vaksin COVID-19 Pfizer-BioNTech secara aman dan tepat waktu, hingga ke daerah terpencil.

"DHL Global Forwarding ikut serta dalam mengatur penerbangan carter, memastikan persetujuan peraturan yang diperlukan untuk melakukan distribusi vaksin ke berbagai lokasi," katanya, Senin (27/12/2021).



Dilanjutkan dia, sulitnya pengiriman vaksin ke wilayah terpencil di Indonesia, disebabkan oleh berkurangnya kapasitas angkutan udara yang tersedia, akibat menurunnya lalu lintas penumpang pada tahun lalu.

"Pesawat memiliki batasan jumlah es kering (dry ice) yang dapat dibawa. Hal tersebut merupakan gabungan dari desain berbagai jenis pesawat, pedoman pabrik, serta persetujuan peraturan," sambungnya.

Untuk memindahkan vaksin yang dikemas dengan es kering, memerlukan perencanaan yang sangat terperinci. Mulai dari menyediakan kendaraan berstandar tinggi, hingga memastikan protokol keselamatan dan keamanan.



"Salah satu tantangan utama yang dihadapi dalam pengiriman vaksin COVID-19 adalah persyaratan suhu yang ketat. Vaksin dikirim dalam kemasan pengiriman termal yang dirancang secara khusus oleh Pfizer," bebernya.

Setiap pengiriman, dikemas dengan es kering untuk mengatur suhu dan memungkinkan penggunaan vaksin di lokasi yang tidak memiliki infrastruktur fisik untuk mempertahankan suhu yang diperlukan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3391 seconds (0.1#10.140)