Ratusan Warga Dievakuasi dari Banjir di Rokan Hulu Riau

Minggu, 26 Desember 2021 - 07:04 WIB
loading...
Ratusan Warga Dievakuasi dari Banjir di Rokan Hulu Riau
Petugas mengevakuasi warga yang terjebak banjir di Kabupaten Rokan Hulu Riau.Foto/Banda Haruddin
A A A
RIAU - Banjir melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Rokan Hulu. Salah satu daerah yang cukup terdampak adalah di Desa Babusalam Kecamatan Rambah. Petugas gabungan melakukan upaya evakuasi warga.

Bagian Penerangan Kodim 0313/KPR Kabupaten Rokan Hulu, Serda Dedy Nofery Samosir mengatakan di Babusalam Kecamatan Rambah ada 600 Kepala Keluarga yang terdampak. Ketinggian air di lokasi adalah 1 meter.

Baca juga: Banjir Terjang Kabupaten Bandung, 2.987 Jiwa Terdampak

"Tim gabungan TNI, Polri, BPBD sudah mengevakuasi warga yang rumahnya sangat terdampak banjir. Hasil pendataan kita warga yang mengungsi akibat banjir sebayak 440 KK," kata Dedi kepada MPI Sabtu (25/12/2021).

Banjir di Kecamatan Rambah juga menyebabkan terputusnya akses jalan lintas Pasir Pengaraian-Ujung Batu terputus. Dimama jalan itu merupakan jalur utama menuju Kabupaten Padang Lawas Utara Provinsi Sumatera Utara.

Selain itu banjir juga Desa Rambah Tengah Hulu, Kecamatan Rambah. Terdata sebanyak 287 rumah warga disana terendam banjir. Banjir di Desa Rambah Tengah disebabkan karena meluapnya Sungai Batang Lubuh.

Baca juga: Dyah Pitaloka Citraresmi dan Tudingan Penyebab Perang Bubat Melawan Majapahit

Sementara itu Bupati Rokan Hulu, Sukiman mengatakan bahwa banjir merupakan yang tidak bisa ditolak. Pemkab Rohul saat ini sudah membuat dapur umum untuk warganya.

"Langkah yang sudah kami lakukan adalah mengevakuasi warga. Banjir ini kan suatu bencana alam yang tidak bisa ditolak," ucap Sukiman saat meninjau banjir di sekitar aliran Sungai Batang Lubu.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1295 seconds (0.1#10.140)