BI Serahkan Traktor ke PMI untuk Buka Lahan Pertanian Jagung

Sabtu, 25 Desember 2021 - 20:14 WIB
loading...
BI Serahkan Traktor ke PMI untuk Buka Lahan Pertanian Jagung
Bank Indonesia perwakilan Provinsi Papua menyerahkan bantuan 1 (satu) unit mesin traktor kepada kelompok petani binaan Papua Muda Inspiratif (PMI). (Ist)
A A A
JAYAPURA - Bank Indonesia perwakilan Provinsi Papua menyerahkan bantuan 1 (satu) unit mesin traktorkepada kelompok petani binaan Papua Muda Inspiratif (PMI). Rencananya, alat tersebut digunakan untuk membuka lahan pertanian jagung seluas 5-10 Ha.

Papua Muda Inspiratif (PMI) yang merupakan binaan Badan Intelijen Negara (BIN), bertugas untuk membawa semangat baru bagi anak-anak muda Papua. Lewat PMI, anak-anak muda Papua dapat mengimplementasikan potensi ide kreatifnya.

Ketua Papua Muda Inspiratif (PMI) Papua Barat, Yakob Tabuni mengapresiasi langkah baik tersebut. Menurutnya, kegiatan itu akan dilaksanakan pada awal tahun 2022.

"Kelompok Tani Ikatan Petani Papua Bersatu di bawah binaan Koorwil PMI Merauke akan menggunakan traktor tersebut untuk proses pembukaan lahan pertanian tanaman jagung seluas 5 - 10 Ha," ujar Yakob dalam keterangan resmi, Sabtu (25/12/2021).

"Kegiatan tersebut rencananya akan dimulai setelah perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022," sambungnya. Baca: Membuat Resah, Petugas Pasang Perangkap Monyet di Sekolah dan Rumah Warga.

Menurutnya, pemberian alat pertanian itu sebagai wujud kepedulian Bank Indonesia dalam mendukung terciptanya petani milineal di kawasan Papua.

"Penyerahan mesin traktor tersebut merupakan realisasi dari serah terima bantuan secara simbolis yang dilakukan pada 15 Desember 2021," terang Yakob.

Maka dari itu, Yakob mengatakan, dirinya bersama jajaran organisasi akan mengadakan syukuran secara adat dengan suku setempat. Hal itu dilakukan demi melancarkan niat baik PMI dalam menciptakan program agrikultur di bumi cenderawasih. Baca Juga: Diserang Hama dan Cuaca Ekstrem, Petani Tomat di Lembang Rugi Puluhan Juta.

"Kelompok Tani Ikatan Petani Papua Bersatu mengadakan acara syukuran dengan pemberkatan secara adat Suku Muyu dan pemberkatan alat dengan doa bersama," pungkasnya.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2954 seconds (0.1#10.140)