Kisah Kepala Desa Balekambang Yudi Setiadi yang Nyambi Jadi Tukang Sampah

Sabtu, 25 Desember 2021 - 08:38 WIB
loading...
Kisah Kepala Desa Balekambang Yudi Setiadi yang Nyambi Jadi Tukang Sampah
Kepala desa di Balekambang nyambi jadi tukang sampah. Foto: Budi/MNC Media
A A A
SUKABUMI - Seorang kepala desa di Sukabumi, Jawa Barat, sedikit berbeda dari yang lain. Di sela tanggung jawabnya sebagai pemimpin desa, Kades ini mempunyai tugas lain jadi tukang sampah.

Dialah Kepala Desa Balekambang Yudi Setiadi dari Kecamatan Nagrak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Tiap dua atau tiga kali sepekan, Yudi selalu menjadi tukang sampah.

Dengan kendaraan tuanya, Yudi dibantu seorang warga berkeliling kampung mengangkut sampah rumah tangga yang berada di depan rumah warga. Sampah itu lalu dibuang ke tempat sampah akhir di Ciangsana, Kecamatan Cikembang.



Dalam sehari, Yudi bisa mengangkut sampah rumah tangga warganya hingga 1 ton, untuk dibuang ke Ciangsana.

Tidak hanya merelakan mobil tua kesayangannya untuk dijadikan kendaraan angkut sampah, dia juga turun langsung menjadi petugas pengangkut sampah. Bahkan, meski cuaca sedang turun hujan kesekalipun.

Yudi mengaku, melakukan tugas itu sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat agar sampah yang dibuang warga tidak terlalu lama menumpuk. Sehingga menimbulkan bau dan penyakit pada masyarakat.



Ditambah, di Desa yang dipimpinnya, pelayanan pengangkut sampah dari dinas terkait masih belum maksimal. Pihaknya sudah mengajukan pinjam pakai kendaraan angkut sampah, namun tidak pernah digubris.
(hsk)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2376 seconds (0.1#10.140)