Prof Mochtar Kusumaatmadja Diusulkan Pahlawan Nasional dan Jadi Nama Jalan di Bandung

Rabu, 22 Desember 2021 - 15:17 WIB
loading...
Prof Mochtar Kusumaatmadja Diusulkan Pahlawan Nasional dan Jadi Nama Jalan di Bandung
Prof Mochtar Kusumaatmadja diusulkan jadi pahlawan nasional dan nama jalan protokol di Kota Bandung, Jawa Barat. Foto/Kantor Staf Presiden
A A A
BANDUNG - Penghargaan khusus bakal diberikan kepada Prof Mochtar Kusumaatmadja dengan diusulkan jadi pahlawan nasional dan nama jalan protokol di Kota Bandung, Jawa Barat.

Guru Besar Universitas Padjadjaran (Unpad) yang meninggal di usia 92 tahun pada 6 Juni 2021 lalu itu dinilai layak untuk mendapat kehormatan sebagai pahlawan nasional dan nama jalan di Kota Bandung.

Opsi pertama yang dipilih adalah menjadi nama ruas jalan layang Pasteur-Surapati (Pasupati).



"Spirit Pak Mochtar itu adalah menjembatani. Pada saat orang berpikir laut itu memisahkan pulau, Pak Mochtar berpikir sebaliknya. Laut adalah jembatan pulau-pulau di Nusantara," kata Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil saat Seminar Nasional Pengusulan Pahlawan Nasional dari Jawa Barat Prof Mochtar Kusumaatmadja di Ballroom Hotel Savoy Homan, Bandung, Rabu (22/12/2021).

Selain itu, Ridwan Kamil yang akrab disapa Kang Emil mendukung mendukung penuh upaya Unpad, dan masyarakat Jabar dalam memperjuangkan Prof Mochtar Kusumaatmadja menjadi pahlawan nasional.

"Sudah ada 7.000 petisi daring dan 70 surat dukungan masuk ke kami. Ini menandakan bahwa gelar pahlawan bagi Prof Mochtar harus kita perjuangkan," paparnya.

Prof Mochtar Kusumaatmadja, lanjut Kang Emil, merupakan salah satu anak bangsa yang prestasi dan inspirasinya melewati batas wilayah negara.



Dia merupakan sosok yang melanjutkan konsep Wawasan Nusantara yang juga digelorakan oleh putra Jabar, yaitu Ir H Djuanda.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6361 seconds (0.1#10.140)