So Sweet! Hari Ibu, Kang Emil Masak Jengkol dengan Resep Mustikarasa Ala Bung Karno

Rabu, 22 Desember 2021 - 14:10 WIB
loading...
So Sweet! Hari Ibu, Kang Emil Masak Jengkol dengan Resep Mustikarasa Ala Bung Karno
Gubernur Jabar, Ridwan Kamil memasak hidangan jengkol ala Bung Karno di Hari Ibu, Selasa (22/12/2021). Foto/SINDOnews/Agung Bakti Sarasa
A A A
BANDUNG - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengisi momentum Peringatan Hari Ibu yang jatuh setiap tanggal 22 Desember dengan memasak hidangan jengkol ala Bung Karno.

So Sweet! Hari Ibu, Kang Emil Masak Jengkol dengan Resep Mustikarasa Ala Bung Karno

Hidangan kuliner khas Nusantara itu sengaja dipilih Ridwan Kamil dengan mencontek buku resep masakan Nusantara dari Sabang sampai Merauke yang digagas Presiden Pertama Republik Indonesia (RI), Ir Soekarno berjudul "Mustikarasa".


Di atas mobil Maskara (Mobil Aspirasi Kampung Juara), Gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu tampak cekatan berperan sebagai chef, meski terlihat agak canggung karena di sampingnya berdiri sang istri, Atalia Praratya dan Chef Seto.

Menurut Kang Emil, jengkol yang dimasaknya khusus didatangkan dari Kabupaten Bandung Barat dan bumbu yang akan digunakan, yakni bumbu sambal hijau.

"Nanti kita masak kering jengkolnya dicampur sambal hijau khas padang ditaburi teri. Ini jengkolnya sudah dibersihkan siap untuk digoreng. Saya grogi ada Bu Cinta (Atalia)," tutur Kang Emil disambut tawa tamu undangan yang hadir dalam Peringatan Hari Ibu Tingkat Provinsi Jabar di Kota Bandung, Rabu (22/12/2021).

Sambil terus memasak, Kang Emil pun cukup fasih menerangkan proses pembuatan hidangan jengkol istimewa yang yang mengacu pada halaman 774 buku resep Mustikarasa.


Dia juga mengatakan bahwa jengkol kini sudah dilirik oleh pasar internasional. Terbukti, pekan lalu, Pemprov Jabar telah melepas ekspor jengkol perdana ke Dubai, Uni Emirat Arab (UEA).

"Ternyata kita berhasil mengekspor jengkol ke Dubai semoga repeat order dari Dubai ke seluruh dunia dengan prinsip mari kita jengkolkan dunia dan menduniakan jengkol," katanya.

Dalam resep Mustikarasa, jengkol ditaburi oleh ikan teri. Menurutnya, jengkol mirip dengan roti yang rasanya bisa makin sedap jika diberi tambahan topping. Sekitar 15 menit memasak, jengkol buatan Kang Emil pun siap dihidangkan.

"Kebayang makannya dengan nasi hangat, Pak Bupati Cirebon silakan dicoba, Pak Bupati Bekasi juga," ujarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1549 seconds (0.1#10.140)