Bupati Kebumen: Alhamdulillah, Kami Sudah Zero COVID-19

Selasa, 09 Juni 2020 - 12:50 WIB
loading...
Bupati Kebumen: Alhamdulillah, Kami Sudah Zero COVID-19
Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Kebumen KH Yazid Mahfudz memberikan keterangan pers ke wartawan. Foto/ist
A A A
KEBUMEN - Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Kebumen yang juga menjabat Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz mengatakan, saat ini kebumen sudah berhasil mengatasi serangan COVID-19. Sehingga, setatus Kebumen saat ini adalah zona hijau atau zero COVID-19.

"Alhamdulillah, Kebumen bisa mengatasi serangan COVID-19, sehingga status Kebumen sekarang adalah zona hijau atau zero COVID-19. Semoga diikuti kota/kabupaten lain," kata Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz kepada SINDOnews melalui pesan elektronik, Selasa (9/6/2020). (Baca juga: Menghadapi New Normal, ASN Kota Gorontalo Harus Inovatif )

Bupati menyatakan, COVID-19 di wilayahnya saat ini sudah nol kasus. Dari 34 kasus yang ada di Kebumen, 2 orang meninggal dunia dan 32 pasien lainnya sudah dinyatakan sembuh. Terakhir, ada 2 orang pasien positif yang dirawat di rumah sakit. Setelah 2 orang tersebut sembuh, maka kasus corona di Kebumen juga berada di angka nol.

Sementara itu, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) tercatat 227 orang. Terdiri 19 meninggal dunia tanpa hasil lab, 44 orang di antaranya telah selesai pengawasan. PDP yang masih dalam pengawasan ada sebanyak 18 orang. Sedangkan PDP dengan hasil negatif 146 orang. (Baca juga: Penanganan Covid-19 Jadi Pertaruhan Pemimpin Nasional dan Daerah )

Orang Dalam Pemantauan (ODP) tercatat 3.066 orang, 2.884 orang diantaranya telah selesai pemantauan. Sedangkan 182 orang masih dalam pemantauan.

Ketua Tim Gugus Tugas Covid-19 ini juga mengapresiasi para tenaga medis, para relawan dan semua pihak yang telah bekerja keras menangani Covid-19. Kabar baik ini menjadi salah satu persiapan tahap new normal atau normal baru setelah sekitar tiga bulan masa pandemi Covid-19 berlangsung di Indonesia. (Baca juga: Sultan Menyapa : Menimbang New Normal, Pulihkan Ekonomi )

Namun demikian, Bupati mengingatkan kepada masyarakat, new normal bukanlah kondisi membebaskan aktivitas tanpa protokol kesehatan. Protokol kesehatan yang mudah dilakukan adalah menjaga jarak, memakai masker, dan membiasakan cuci tangan saat keluar rumah ataupun mau masuk rumah. Di samping itu, menjaga imunitas tubuh dan berolahraga. (Baca juga: Melejit, Elektabilitas Ganjar Pranowo Bayangi Prabowo Subianto )

Tahap new normal dirasa penting karena COVID-19 tidak hanya berdampak pada sektor kesehatan tapi juga ekonomi. Sektor ekonomi harus terjaga karena erat kaitannya dengan kesejahteraan masyarakat. "Mudah-mudahan status zero COVID-19 di Kebumen bisa terus dipertahankan. Mohon kerjasamanya warga Kebumen," harap Bupati.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1369 seconds (0.1#10.140)