Gempa Bumi di Darat Getarkan Cianjur, Kagetkan Warga Cibeber

Senin, 20 Desember 2021 - 09:21 WIB
loading...
Gempa Bumi di Darat Getarkan Cianjur, Kagetkan Warga Cibeber
Gempa bumi tektonik berkekuatan magnitudo 3 terjadi di Kabupaten Cianjur pada pukul 07.41.30 WIB, Senin (20/12/2021). (Ist)
A A A
BANDUNG - Gempa bumi tektonik berkekuatan magnitudo 3 terjadi di Kabupaten Cianjur pada pukul 07.41.30 WIB, Senin (20/12/2021). Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan M 3,0.

Episenter terletak pada koordinat 6.99 LS dan 107.16 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 18 km Tenggara Kabupaten Cianjur pada kedalaman 5 kilometer.

Menurut Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Hendro Nugroho, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal.

"Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan di wilayah Cibeber Kabupaten Cianjur dengan Skala Intensitas II MMI," jelas dia. Baca: Beritakan Dugaan Pungli, Jurnalis Televisi Nyaris Ditikam Badik Perangkat Desa.

Dimana, getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut. Baca Juga: Geger, Warga Palembang Tewas Ditikam Tetangga di Depan Istri yang Hamil Besar.

Hingga pukul 08.03 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan. "Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," pungkasnya.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1269 seconds (0.1#10.140)