Pengukuhan Sultan Ternate ke-49 Ricuh, Sejumlah Orang Terlibat Baku Hantam

Minggu, 19 Desember 2021 - 23:34 WIB
loading...
Pengukuhan Sultan Ternate ke-49 Ricuh, Sejumlah Orang Terlibat Baku Hantam
Prosesi pengukuhan Sultan Ternate ke 49 di Kota Ternate, Maluku Utara, diwarnai kericuhan. Foto/iNews TV/Ismail Sangaji
A A A
TERNATE - Aksi adu pukul sejumlah orang dan kericuhan pecah di halaman Pendopo Kedaton Kesultanan Ternate di Kota Ternate, Maluku Utara, Minggu (19/12/2021). Keributan tersebut terjadi saat menjelang proses pengukuhan Sultan Ternate ke-49.



Meski sempat diwarnai kericuhan, tetapi prosesi pegukuhan putra mendiang Mudafar Sjah, Hidayatullah Mudafar Sjah sebagai Sultan Ternate ke-49 tetap dilangsungkan, dan dapat berlagsung dengan lancar.



Aksi adu pukul yang terjadi di halaman Pendopo Kedaton Kesultanan Ternate tersebut, terjadi antara keluarga mendiang Sultan Mudafar Sjah, dengan sejumlah peragkat kesultanan.



Sejumlah anggota keluarga melancarkan protes terhadap prosesi pegukuhan Sultan Hidayatullah Mudafar Sjah sebagai Sultan Ternate ke-49, karena dinilai tidak sesuai dengan prosesi adat Kesultanan Ternate.

Pihak keluarga yang menentang prosesi pengukuhan Sultan Ternate tersebut, menilai pengukuhan yang digelar merupakan keputusan sepihak saja. Usai protes dan kericuhan mereka, prosesi pengukuhan Sultan Ternate tetap dilangsungkan oleh perangkat adat.

Kini Hidayatullah Mudafar Sjah resmi dikukuhkan menjadi Sultan Ternate, menggantikan mendiang ayahnya Mudaffar Sjah melalui prosesi ritual adat Sinunako Sesikhalifat di lingkungan Kedaton Kesultanan Ternate, yang berlangsung pada Sabtu (18/12/2021).

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1385 seconds (0.1#10.140)