Masyarakat Didorong Ajak Generasi Alfa Perkuat Solidaritas Sosial

Rabu, 15 Desember 2021 - 15:47 WIB
loading...
Masyarakat Didorong Ajak Generasi Alfa Perkuat Solidaritas Sosial
Masyarakat didorong untuk mengajak generasi alfa perkuat solidaritas sosial.Foto/ilustrasi
A A A
SURABAYA - Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa mengajak masyarakat menjadikan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) Tahun 2021 sebagai momentum untuk mendorong generasi Alfa memperkuat solidaritas sosial.

"Ayo kita dorong bersama bagaimana supaya mereka mengikuti jejak solidaritas sosial yang sudah terbangun sangat baik di Indonesia khususnya Jawa Timur, terutama saat momentum Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN)," ujar Khofifah, Rabu (15/12/2021).

Baca juga: Gandeng TNI/Polri, Pemprov Jawa Timur Pacu Sekolah Tingkatkan Kualitas SDM

Menurut Khofifah, sesuai teori generasi, anak yang lahir pada 1965-1980 disebut generasi X. Lalu, mereka yang lahir pada 1981-1999 disebut generasi Y atau generasi Milenial. Kemudian mereka yang lahir pada 1996-2015 disebut generasi Z. Sedangkan yang lahir pada 2010 adalah generasi Alfa.

Berdasarkan teori itu, lanjutnya, generasi Z dan Y, memiliki nilai solidaritas sosial yang sangat tinggi. Tapi sebaliknya, generasi Alfa yang sekarang sudah berusia 11 tahun memiliki perspektif yang asosial.

"Ini yang harus kita komunikasikan dan ditransformasikan nilai-nilai solidaritas sosial terutama kepada generasi Alfa, yakni anak-anak yang terlahir di tahun 2010 sampai sekarang," tuturnya.

Baca juga: Gempa Larantuka M7,5 Dipicu Pergerakan Sesar Aktif di Laut

Agar pesan tersebut dapat diterima dan terlaksana dengan baik, Khofifah kembali mengajak seluruh elemen masyarakat agar melakukan konsolidasi sosial kepada anak-anak mulai PAUD, TK, dan SD. Tujuannya, agar mereka kembali kepada jati diri kultur masyarakat Indonesia khususnya Jawa Timur yang memiliki jiwa gotong royong sangat tinggi.

"Peringatan Hari kesetiakawanan sosial nasional, saya berharap temen-teman media membantu mengkomunikasikan dan mentransformasikan menyampaikan pesan-pesan bahwa Indonesia khususnya Jatim memiliki social capital yang luar biasa," ungkapnya.

Lebih lanjut, pesan solidaritas merupakan potret social capital yang luar biasa, yang mana didalamnya terdapat pilar-pilar sosial meliputi karang taruna, TKSK, PSM dan LKS. "Tentu kita berharap akan ada proses transformasi solidaritas sosial yang tidak putus," tandas mantan Menteri Sosial RI tersebut
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1726 seconds (0.1#10.140)