Pelatihan dan Mitigasi Bencana Perlu Dilakukan Secara Rutin

Selasa, 14 Desember 2021 - 15:53 WIB
loading...
Pelatihan dan Mitigasi Bencana Perlu Dilakukan Secara Rutin
Pelatihan pencegahan dan mitigasi bencana yang digelar BPBD Luwu Timur di Hotel I lagaligo Puncak Indah Malili, kemarin. Pelatihan ini dibuka Staf Ahli Hukum Luwu Timur, April. Foto: Humas Pemkab Luwu Timur
A A A
LUWU TIMUR - Pelatihan dan mitigasi bencana kepada masyarakat perlu dilakukan secara rutin. Langkah ini sebagai bentuk antisipasi terhadap bencana alam yang bisa terjadi kapan pun.

Hal ini disampaikan Staf Ahli Hukum Luwu Timur, April saat membuka pelatihan pencegahan dan mitigasi bencana di Hotel I lagaligo Puncak Indah Malili, Senin 13 Desember kemarin.

Baca juga:BMKG Nyatakan Peringatan Dini Potensi Tsunami Berakhir

Menurut April, pelatihan dan mitigasi bencana merupakan langkah tepat dalam menghadapi situasi bencana yang tidak pernah diduga kapan terjadinya. Masyarakat diberi pemahaman dan pengetahuan pencegahan dan mitigasi guna mengurangi risiko yang ditimbulkan.

"Pemerintah daerah selaku first responder penanggulangan bencana sesuai amanat undang-undang, perlu melakukan langkah-langkah preventif dan komprehensif dalam penanggulangan bencana," kata April, seperti dalam siaran pers yang diterima SINDOnews, Selasa (14/12).

April mengungkapkan, berdasarkan data BPBD Kabupaten Luwu Timur hingga Desember tahun 2021 ini, telah terjadi 167 kali bencana. Jika dirinci kebakaran rumah sebanyak 11 kali, gempa bumi 146 kali, tanah longsor 1 kali, orang hilang 3 kali, angin kencang 5 kali dan orang tenggelam 1 kali.

Baca juga:Gempa di NTT, BMKG Minta 21 Daerah Terdampak Evakuasi Termasuk Sulsel

Ia mengatakan, faktor utama penyebab bencana sering terjadi karena perilaku manusia yang kurang peduli terhadap lingkungan.

"Oleh karena itu, program pelatihan dan mitigasi bencana perlu dilakukan secara rutin dan berkelanjutan, serta perlu juga dievaluasi secara berkala," jelasnya.
(luq)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1477 seconds (10.55#12.26)