Bangkitkan Optimisme, Kominfo Luncurkan Web Series Cerita Dalam Jeda

Sabtu, 11 Desember 2021 - 22:44 WIB
loading...
Bangkitkan Optimisme, Kominfo Luncurkan Web Series Cerita Dalam Jeda
Kemenkominfo meluncurkan web series Cerita Dalam Jeda. Sebanyak 15 film pendek akan ditayangkan melalui kanal Youtube Kemkominfo TV mulai 11 Desember 2021. Foto ist
A A A
BOGOR - Dalam rangka menggairahkan kembali industri kreatif di Tanah Air, Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) meluncurkan web series Cerita Dalam Jeda. Sebanyak 15 film pendek akan ditayangkan melalui kanal Youtube Kemkominfo TV mulai 11 Desember 2021.

Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo Usman Kansong mengatakan, tujuan web series Cerita dalam Jeda adalah untukmenggairahkan kembali industri kreatif di Tanah Air. Selain itu, juga untuk membangun optimisme kehidupan sehari-hari di tengah pandemi, sekaligus sebagai sarana sosialisasi informasi yang benar terkait COVID-19.

Menurut Usman, Optimisme, sikap positif, resiliensi, adalah hal-hal yang sangat signifikan untuk ditanamkan pada masyarakat, terutama dalam situasi pandemi yang makin membaik ini. "Upaya bahu-membahu, semangat kolaborasi yang ditunjukkan dalam Cerita Dalam Jeda, juga kami harapkan dapat mendorong masyarakat untuk selalu bersinergi guna pemulihan Indonesia,” kata Usman dalam pernyataannya, Sabtu (11/12/2021).

Nilai-nilai dan narasi yang divisualisasikan dengan baik dalam web series ini, lanjut Usman, juga menjadi bentuk imbauan kepada masyarakat untuk terus berpartisipasi dalam pengendalianpandemi.

“Kominfo akan terus menggaungkan dan menyosialisasikan edukasi dan informasi yang perlu didengar masyarakat, melalui setiap kanal komunikasi publik yang ada. Semoga web series ini dapatmenjangkau dan merangkul lebih banyak orang, kemudian pada akhirnya, memberikan kontribusi pada pengendalian pandemi dan pemulihan Indonesia,” katanya.

Karena penggarapan web series ini sepenuhnya dikerjakan oleh para anak bangsa, kata Usman, maka diharapkan Cerita Dalam Jeda juga dapat mendukung pulihnya industri kreatif dan kembaliberkiprahnya para pekerja seni di Tanah Air.

Sutradara Web series Cerita Dalam Jeda, Thaleb Wirachman Wahjudi mengatakan, 15 film pendek tersebut berisi cerita ringan yang memuat nilai-nilai kehidupan di masa pandemi, dengan mengusung tema besar #MulaiDariKamu.

Ini adalah cerita fiksi tentang kehidupan para perantau yang tinggal di sebuah rumah kos di Jakarta. "Bersama-sama mereka menghadapi tantangan dan menciptakan solusinya di tengah pandemi. Pada intinya, melalui cara yang menarik, kami ingin menyebarkan semangat optimisme dan kolaborasi kepada masyarakat, terutama dalam melawan pandemi,” papar Thaleb.

Dalam proses kreatifnya, Thaleb bekerja sama dengan para pekerja seni peran seperti Faris Nahdi, Shindy Huang, Abdurrahman Arif, Akina Fathia, dan Tenno Ali.

“Mewakili tim yang terlibat, kami berbesar hati dapat bergabung dalam project dengan tujuan baik ini. Juga menyampaikan apresiasi kepada pemerintah yang tidak berhenti mengeksplorasi ide-ide kreatif untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat,” tutur Thaleb.

Kampanye #MulaiDariKamu sendiri adalah gerakan untuk membangun peran kolektif masyarakat di masa pandemi melalui semangat saling bantu dan edukasi hidup sehat yang diinisiasi oleh Ditjen IKP Kominfo dan KPCPEN. Kampanye ini digulirkan melalui platform media sosial dan media-media informasi lainnya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2230 seconds (0.1#10.140)