Pilot Tempur TNI AD Kagumi Kehebatan Heli Serbu Bell 412EPI Buatan PTDI

Senin, 06 Desember 2021 - 16:51 WIB
loading...
Pilot Tempur TNI AD Kagumi Kehebatan Heli Serbu Bell 412EPI Buatan PTDI
Heli Serbu Bell 412EPI buatan PT Dirgantara Indonesia untuk TNI Angkatan Darat. Fofo/Istimewa
A A A
BANDUNG - PT Dirgantara Indonesia (PTDI) telah menyelesaikan tujuh dari sembilan pesanan Heli Serbu Bell 412EPI untuk Kementerian Pertahanan RI. Heli tersebut digunakan untuk TNI Angkatan Darat (AD).

Rencananya, dua heli lainnya akan dikirimkan akhir tahun ini dan awal tahun 2022. Lalu bagaiamana respons pilot atas heli hasil rakitan Indonesia itu. "Heli Serbu Bell 412EPI memang lebih nyaman dan andal dibandingkan seri sebelumnya Bell 412EP, baik dari sisi power maupun pengoperasiannya,” kata Pilot TNI Angkatan Darat Mayor Cpn Supriyadi, dalam keterangan resmi PTDI, Senin (6/12/2021).

Menurut dia, kesimpulan itu setelah dilaksanakan pemeliharaan dan test selama 22 jam 30 menit terhadap Heli Serbu Bell 412EPI ketujuh. Hasilnya, heli tersbeut lebih andal dibanding seri sebelumnya.

baca juga: Polisi Selidiki Kasus Terbakarnya Rumah Milik Pasutri Usai Cekcok di Bandung Barat

Heli Serbu ketujuh dengan tail number HX-4149 yang dikirimkan hari ini telah berhasil lepas landas dari Apron Hanggar Rotary Wing PTDI, Bandung menuju Skadron 11 Serbu Lanud Ahmad Yani, Semarang. Heli terbang dengan estimasi waktu penerbangan selama 1 jam 40 menit. Dalam kegiatan ferry flight kali ini, PTDI juga mengikutsertakan Pilot Helikopter dari Flight Test Center PTDI, Bima Yhoga Batara sebagai Copilot.

Sebanyak tujuh unit Heli Serbu Bell 412EPI yang sudah dikirimkan tersebut, seluruhnya telah terealisasi pengirimannya ahead of time dari target waktu yang disepakati dalam kontrak. Dimana satu unit Heli Serbu selanjutnya akan dikirimkan di akhir bulan Desember 2021 dan satu unit di bulan Januari 2022.

”Apa yang kita hasilkan hari ini adalah kerja bersama, kami PTDI telah berusaha secara maksimal, dari rekan-rekan yang ada di Program dan Helikopter Completion Center ini berusaha memberikan yang terbaik. Segala masukan yang ada tentunya juga untuk perbaikan bersama," kata Batara Silaban, Direktur Produksi PTDI.

Baca juga: Gasak Uang Rp400 Juta, Kawanan Perampok Bank di Karawang Tertangkap

PTDI berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam memberikan dukungan kebutuhan alutsista guna membantu pelaksanaan tugas dan kelancaran operasi Puspenerbad.

Heli Serbu Bell 412EPI ditenagai oleh mesin Pratt & Whitney PT6T-9 Twin Pac, dengan tenaga take off 13% lebih besar dibanding jenis mesin Bell 412EP, serta dilengkapi dengan Minigun M134D yang mengusung kaliber 7,62x51 mm dan External Rescue Hoist System.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1738 seconds (0.1#10.140)