Kebutuhan Makanan Pengungsi Erupsi Gunung Semeru Dipastikan Tercukupi

Senin, 06 Desember 2021 - 15:38 WIB
loading...
Kebutuhan Makanan Pengungsi Erupsi Gunung Semeru Dipastikan Tercukupi
Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa saat meninjau dampak erupsi Gunung Semeru di Lumajang. Foto/ist
A A A
LUMAJANG - Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa menyambangi Kecamatan Pronojiwo guna memastikan kebutuhan permakanan pengungsi Awan Panas Guguran (APG) Gunung Semeru aman tercukupi.

"Sejak Sabtu (4/12) malam saya sudah berada di Lumajang untuk memimpin langsung tim Pemprov dan mengkordinasikan semua sinergi sumberdaya untuk percepatan penanganan APG Gunung Semeru. Termasuk memastikan semua yang berkenaan dengan kebutuhan para pengungsi," kata Khofifah di Lumajang, Senin (6/12/2021).

Baca juga: Potret Mengiris Hati Pengungsi Gunung Semeru, Tangis Pecah di Pelukan Khofifah

Khofifah memastikan, dapur umum yang ada mampu mencukupi semua kebutuhan pengungsi. "Jika ada yang belum tercukupi baik logistik, air bersih dan sebagainya dapat dilaporkan ke posko lapangan di kantor kecamatan Pasirian atau kordinator lapangan masing- masing," terangnya.

Orang nomor satu di Jatim itu menambahkan, Pemprov Jatim mendirikan dua titik posko baik kesehatan maupun dapur umum di dua kecamatan yaitu Kecamatan Pronojiwo dan Kecamatan Candipuro. "Setiap harinya masing-masing dapur umum menyiapkan 2500 paket makanan, setiap pagi, siang, dan malam," imbuhnya.

Baca juga: 27 Warga Lumajang Masih Hilang Pasca Erupsi Semeru, BPBD Kesulitan Mencari

Terkait trauma healing bagi para pengungsi, Pemprov Jatim juga mengerahkan tim yang bertugas untuk mendampingi pengungsi untuk mengurangi rasa trauma akibat bencana erupsi Gunung Semeru. Tim ini, kata Khofifah, berdampingan dengan tim medis Provinsi Jatim.

"Semua tim trauma healing kami kerahkan khusus untuk mendampingi ibu-ibu, anak-anak, disabilitas dan para lansia. Mereka masuk dalam kategori rentan," pungkas Khofifah.
(msd)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3812 seconds (11.97#12.26)