Diterjang Letusan Gunung Semeru, Supiturang Jadi Desa Mati

Minggu, 05 Desember 2021 - 16:04 WIB
loading...
Diterjang Letusan Gunung Semeru, Supiturang Jadi Desa Mati
Hujan abu vulkanik masih terus mengguyur kawasan Dusun Sumbersari, Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, hingga Minggu (5/12/2021) siang. SINDOnews/Yuswantoro
A A A
LUMAJANG - Hujan abu vulkanik masih terus mengguyur kawasan Dusun Sumbersari, Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, hingga Minggu (5/12/2021) siang. Rumah-rumah warga tertimbun material vulkanik, bahkan banyak yang rata dengan tanah.

Kondisi jalan desa sunyi seyap. Tak banyak warga yang beraktivitas, karena sedang berada di pengungsian . Hanya beberapa warga yang nekat pulang ke rumahnya, yang nampak melintasi jalan-jalan desa penuh abu vulkanik.

Rumah-rumah roboh dan rusak. Bahkan pohon-pohon banyak yang tumbang, akibat tak kuat menahan material vulkanik yang menerjangnya. Beberapa ekor hewan ternak, seperti kambing dan ayam dibiarkan begitu saja. Nampak hewan-hewan ternak itu mengalami luka-luka akibat terkena awan panas.

Patar (40) terus bersiaga di depan rumahnya, bersama istrinya, Sunani (35), dan satu putrinya yang masih berusia lima tahun. "Kami semalam berada di pengungsian di SD Negeri 4 Supiturang. Habis ini kami kembali ke pengungsian," ujarnya.

Dia mengaku masih merasa takut dengan peristiwa terjangan material vulkanik letusan Gunung Semeru, pada Sabtu (4/12/2021) sore. Semburan abu vulkanik yang turun bersama hujan, membuatnya trauma.

Kala itu Patar berada di rumah bersama puterinya, sementara istrinya mengikuti pengajian. Terdengar suara gemuruh dari Besuk Kobokan, yang hanya berjarak sekitar 1 km dari rumahnya.

"Saya pikir seperti terjadi tahun lalu, di sini hanya hujan abu saja. Ternyata saya lihat ke arah utara, langitnya sudah gelap gulita. Langsung saya gedong puteri saya, naik motor menjemput istri dan mengungsi," ungkapnya.

Baru kali ini menurutnya rumahnya diterjang hujan material vulkanik seperti ini. Kejadian-kejadian sebelumnya, tidak sampai seperti ini. Kalaupun ada erupsi hanya hujan abu vulkanik tipis saja.

Sunani bercerita, saat itu sudah tidak sempat membawa apa-apa. Bahkan rumahnya saja tidak terkunci. "Semua lari menyelamatkan diri. Kami ketakutan, karena sudah turun hujan lumpur seperti mau kiamat," katanya.

Hal yang sama juga dirasakan Ali (35). Warga Dusun Sumbersari ini, lari bersama keluarganya untuk menyelamatkan diri. Ternak sapi miliknya harus ditinggalkan begitu saja di kandangnya. Baca: Konstruksi Penyangga Jembatan di Pangandaran Ambles, Aktivitas Warga Terganggu.

"Karena takut langitnya hitam pekat dan turun hujan lumpur, kami lari menyelamatkan diri saja. Tadi pagi kondisinya sudah mulai cerah, makanya ini saya sempatkan mengambil sapi ternak saya," ujar Ali, Minggu (5/12/2021) siang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2677 seconds (0.1#10.140)