Bakar 2 Rumah 1 Mobil dan 3 Motor, 13 Warga Buton Jadi Tersangka

Kamis, 02 Desember 2021 - 01:12 WIB
loading...
Bakar 2 Rumah 1 Mobil dan 3 Motor, 13 Warga Buton Jadi Tersangka
Kendaraan yang dibakar massa hangus tinggal rangka. Foto: Andhy/MNC Media
A A A
BUTON - Sebanyak 13 orang warga Desa Lasalimu, Kecamatan Lasalimu Selatan, Kabupaten Buton , Sulawesi Tenggara, ditetapkan sebagai tersangka pembakaran rumah dan kendaraan oleh pihak kepolisian.

Peristiwa pembakaran rumah dan kendaraan itu terjadi, pada Senin 22 November 2021 malam. Aksi pembakaran itu terjadi usai pembacaan putusan pengadilan atas perkara sengketa tanah.

Kapolres Buton, AKBP Gunarko mengatakan, ke-13 orang itu langsung diamankan karena diduga terlibat pembakaran dua rumah warga dan kendaraan di Desa Lasalimu.

Baca juga: 2 Rumah dan 5 Unit Kendaraan Hangus Dibakar Sekelompok Orang di Buton

"Sebelumnnya, sebanyak 26 orang warga desa diamankan atas peristiwa itu. Setelah menjalani pemeriksaan, sebanyak 13 orang diantaranya dinaikkan statusnya menjadi tersangka," katanya, Rabu (1/12/2021).

Dari hasil pemeriksaan, diketahui bahwa ke-13 orang itu terlibat dalam pembakaran dua rumah warga, motor dan mobil milik warga. Adapun, motifnya karena kecewa dengan putusan pengadilan terkait sengketa tanah.

Baca: Kapolres Manggarai Barat Jelaskan Alasan Penangkapan 21 Tersangka Sengketa Tanah

"Dari 13 orang itu, sebanyak sembilan orang sudah dilakukan penahanan. Sedangkan empat lainnya dikenakan wajib lapor, karena masih di bawah umur. Mereka terancam pidana penjara di atas lima tahun," pungkasnya.

Dalam peristiwa itu, dua rumah milik warga, satu mobil dan empat unit motor dibakar massa. Mereka mengamuk karena tidak terima dengan putusan Pengadilan Pasarwajo terkait sengketa tanah lahan mereka.
(hsk)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2103 seconds (11.252#12.26)