Pemkab Lamandau Gelar Pelatihan Pengolahan Bisnis Kopi dan Barista Bagi UMKM

Rabu, 01 Desember 2021 - 08:11 WIB
loading...
Pemkab Lamandau Gelar Pelatihan Pengolahan Bisnis Kopi dan Barista Bagi UMKM
Melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Lamandau, sejumlah warga perwakilan dari desa-desa wisata yang ada di Kecamatan Delang mengikuti program pelatihan pengolahan bisnis kopi dan barista enam hari, dimulai Senin 29 November hingga 5 Desember 2021.
A A A
LAMANDAU - Kabupaten Lamandau, Kalteng terus berupaya menggali potensi daerah yang dimiliki, terutama dibidang produk-produk pertanian dan perkebunan. Bisnis pengolahan kopi sebagai salah satu produk pertanian yang sedang dikembangkan di Lamandau juga tengah menjadi perhatian pemerintah daerah.

Melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Lamandau, sejumlah warga perwakilan dari desa-desa wisata yang ada di Kecamatan Delang mengikuti program pelatihan pengolahan bisnis kopi dan barista selama enam hari, dimulai Senin 29 November hingga 5 Desember 2021 mendatang.

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Bupati Lamandau, Hendra Lesmana, tersebut dilaksanakan di aula Hotel Putri Tunggal Nanga Bulik.

Dalam kesempatannya Bupatimenyampaikan bahwa pemerintah daerah menyambut baik kegiatan pelatihan sebagai salah satu upaya meningkatkan SDM yang unggul dan memiliki daya saing.

“Saya mengapresiasi kegiatan soft skill yang diharapkan kedepan dapat menciptakan bartender atau barista kopi yang mampu berdaya saing dengan pasar pengolahan kopi,” ujarnya.

Ditambahkannya, Pemerintah Daerah sedang berusaha meningkatkan produk berbasis lingkungan dengan cara mengembangkan komoditas baru, sehingga kegiatan pelatihan pengolahan kopi dan barista ini akan sangat bermanfaat bagi masyarakat.

“Bicara tentang kopi, kami (Pemda) berkeinginan tidak hanya dari penanaman hingga pemasaran bubuk kopi, tapi hingga penyeduhan. Agar bisa berkualitas dan bernilai tinggi,” katanya.

Untuk itu Pemda mendorong dengan pelatihan-pelatihan, akses permodalan dan juga pasar, sehingga diharapkan masyarakat menekuni bidang pengolahan kopi. Kedepannya, dengan interaksi sosial masyarakat yang semakin intens selepas pandemi, geliat UMKM di bidang kopi mulai tumbuh kembali.

Sementara itu, Kepala Disnakertrans Lamandau, Marinus Apau, menyampaikan, tujuan pelaksanaan pelatihan tersebut adalah untuk mewujudkan tenaga kerja yang berkualitas dan berdaya saing, dalam rangka sinergitas desa wisata dan industry kreatif guna mendukung pegembagan pariwisata alam, khususnya di Kecamatan Delang yang merupakan destinasi wisata alam di Kabupaten Lamandau.

“Peserta Kegiatan ini berasal dari desa-desa destinasi wisata, setelah dilakukan pelatihan peserta akan dilakukan ujian sertifikasi oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), khususnya sertifikasi kompetensi sebagai barista,” ujarnya.

Dirinya berharap, melalui kegiatan pelatihan itu para peserta dapat menjadi menjadi peracik kopi atau Barista berstandar profesi sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Lamandau. (CM/Sigit Dzakwan)
(srf)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1382 seconds (11.97#12.26)