Tak Betah Terlalu Lama Berada di Medan, Jadi Pemicu 1 Pengungsi Afghanistan Bakar Diri

Selasa, 30 November 2021 - 17:57 WIB
loading...
Tak Betah Terlalu Lama Berada di Medan, Jadi Pemicu 1 Pengungsi Afghanistan Bakar Diri
Kepala Kanwil Kemenkumham Sumatera Utara, Imam Suyudi menjelaskan peristiwa pengungsi Afganistan yang melakukan aksi bakar diri. Foto/iNews TV/Ahmad Ridwan Nasution
A A A
MEDAN - Aksi bakar diri pengungsi Afghanistan, Ahmadsyah di depan Kantor UNHCR di Kota Medan, Sumatera Utara, membuat geger warga. Aksi bakar diri tersebut, diduga dipicu oleh terlalu lamanya pengungsi tersebut berada di Kota Medan.



Kepala Kanwil Kemenkumham Sumatera Utara, Imam Suyudi mengatakan, diduga pengungsi asal Afghanistan ini mengalami depresi karena sudah terlalu lama menunggu untuk diberangkatkan ke negara tujuan mereka.



"Kami sudah berkoordinasi dengan UNHCR terkait pemindahan para pengungsi ke negara ke tiga, atau negara yang menjadi tujuan para pengungsi asal Afganistan ini. Namun, hingga peristiwa bakar diri terjadi, belum ada jawaban dari UNHCR," tutur Imam Suyudi, Selasa (30/11/2021).



Dia juga menyesalkan aksi nekad bakar diri yang dilakukan pengungsi Afghanistan tersebut. Menurutnya, pengungsi harus bersabar karena upaya koordinasi dengan UNHCR terus dilakukan, meskipun belum ada titik terang.



Saat ini ada sebanyak 1.733 Warga Negara Asing (WNA) yang jadi pengungsi di Sumatera Utara, mereka menempati 18 community house. Di antara para pengungsi WNA tersebut, terdapat puluhan pengungsi pencari suaka asal Suku Hazara Afghanistan, yang telah bertahan selama satu bulan untuk bertemu perwakilan UNHCR.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2163 seconds (0.1#10.140)