Jembatan Desa Putus Diterjang Banjir Bandang, Warga 2 Kampung di Bandung Barat Terisolasi

Senin, 29 November 2021 - 15:47 WIB
loading...
Jembatan Desa Putus Diterjang Banjir Bandang, Warga 2 Kampung di Bandung Barat Terisolasi
Jembatan penghubung antardesa di Bandung Barat putus diterjang banjir bandang. Foto: Adi Haryanto/SINDOnews
A A A
BANDUNG BARAT - Jembatan penghubung Kampung Lebak Leungsir, di Desa Mekarjaya, Kecamatan Cikalongwetan dengan Kampung Cibungbulang, di Desa Campakamekar, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), terputus.

Terputusnya jembatan beton yang biasa dilalui warga dan motor itu, akibat dihantam banjir bandang Sungai Cipada seusai hujan deras. Akibatnya, puluhan warga dari kedua kampung tersebut terisolasi.

"Jembatan beton ini biasanya dilalui motor dan pejalan kaki, rusaknya karena banjir bandang Minggu pagi, jadi akses warga terputus," terang warga sekitar Rahmat (39), kepada wartawan, Senin (29/11/2021).



Jembatan selebar 1,5 meter dengan panjang 10 meter itu, menghubungkan Kampung Lebak Leungsir, Desa Mekarjaya, Kecamatan Cikalongwetan dengan Kampung Cibungbulang, Desa Campakamekar, Kecamatan Padalarang.

Sedangkan warga yang terisolasi ialah warga Kampung Cibungbulang. Jika warga akan berpergian dari kampung tersebut, mereka terpaksa harus turun menyusuri bebatuan di sungai apabila debit air sedang kecil.



Tetapi kalau air sungai deras, maka warga harus jalan memutar sejauh sekitar 7 kilometer melintasi kampung tetangga.

"Memang memutarnya jauh kalau buat kendaraan, tapi kalau lewat sungai berisiko juga, karena takutnya ada banjir bandang tiba-tiba. Ini adalah kejadian ketiga kalinya dalam sebulan terakhir," kata dia.



Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), KBB, Duddy Prabowo menyebutkan, ambruknya jembatan tersebut akibat hujan lebat dengan intensitas tinggi.

"Sementara ini kami memberikan bantuan logistik kepada warga, dan mengupayakan agar jembatan tersebut segera diperbaiki oleh instansi terkait," ucapnya.
(hsk)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1193 seconds (0.1#10.140)