Fintech Lending Days Malang, Sarana Edukasi Pendanaan dan Solusi Kemajuan UMKM

Sabtu, 27 November 2021 - 00:02 WIB
loading...
Fintech Lending Days Malang, Sarana Edukasi Pendanaan dan Solusi Kemajuan UMKM
KoinWorks (kanan) mengedukasi UMKM Malang dalam acara Fintech Lending Day 2021 di Malang, Jumat (26/11/2021).Foto/ist
A A A
MALANG - Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) menggelar Fintech Lending Days di Malang, Jumat (26/11/2021). Selain edukasi, pada ajang ini, AFPI mempertemukan pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) dengan perusahaan fintech.

Sebanyak 21 booth UMKM di Malang Raya hadir menampilkan produk-produk unggulannya. Sejumlah perusahaan fintech tak menyia-nyaikan kesempatan itu untuk saling mengenal dan bersinergi.

Baca juga: Ditabrak Orang Tak Dikenal, Saksi Kunci Pengaturan Skor Dijaga Ketat Brimob Bersenjata Lengkap

Kehadiran fintech di Indonesia, telah memberikan banyak manfaat bagi masyarakat, terlebih saat kalangan underserved dan unbanked masih banyak tersebar di berbagai wilayah.

Direktur Pengaturan, Perizinan dan Pengawasan Fintech OJK, Tris Yulianta, mengatakan, Fintech Lending Days merupakan bukti komitmen OJK bersama AFPI untuk terus meningkatkan inklusi dan literasi keuangan digital di kalangan UMKM yang menjadi motor pendorong roda perekonomian daerah, khususnya di Malang sebagai salah satu pusat perekonomian UMKM.

AFPI yang merupakan mitra strategis OJK dalam menjalankan fungsi pengaturan dan pengawasan para penyelenggara Fintech Pendanaan Bersama, terus mendorong peran Fintech Pendanaan untuk menjadi solusi keuangan alternatif bagi sektor produktif masyarakat Indonesia dengan kerap melakukan edukasi dan literasi keuangan digital khususnya di kalangan UMKM.

"Fokus Fintech Pendanaan untuk pemberdayaan UMKM menjadi penting, lantaran besarnya kontribusi terhadap perekonomian nasional. Data teranyar menyatakan sumbangsih UMKM mencapai 61,07% untuk PDB dan 97% untuk pembukaan lapangan kerja," katanya.

Baca juga: 2 Pelaku Pembunuhan di Toko Tembakau Pasuruan Tertangkap, Motifnya Cemburu Ditinggal Nikah

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Bidang Edukasi, Literasi dan Riset Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) Entjik S. Djafar menerangkan, ajang ini diselenggarakan dalam rangka Bulan Fintech Nasional 2021. AFPI berkomitmen bersama-sama dengan para pelaku industri Fintech Pendanaan Bersama turut serta meningkatkan literasi dan inklusi keuangan digital bagi UMKM.

Menurutnya, saat ini, lebih dari 50% dari pinjaman yang disalurkan adalah dari sektor UMKM dan dalam kondisi pandemi sebagian besar pelaku UMKM membutuhkan bantuan keuangan taktis untuk bisa bertahan dan terus berkembang. Di sinilah Fintech Pendanaan Bersama bisa berperan, membantu menjawab kebutuhan tersebut.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2395 seconds (10.55#12.26)