Desa Wisata di Sekitar Sirkuit Mandalika NTB Jadi Magnet Wisatawan

Rabu, 17 November 2021 - 22:03 WIB
Desa Wisata di Sekitar Sirkuit Mandalika NTB Jadi Magnet Wisatawan
Sejumlah desa wisata di sekitar sirkuit Mandalika, NTB terus berbenah hingga menjadi magnet bagi wisatawan. Ini merupakan dampak positif dari event bergengsi World Super Bike 2021. Foto ist
A A A
JAKARTA - Sejumlah desa wisata di sekitar sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB) terus berbenah hingga menjadi magnet bagi wisatawan. Ini merupakan dampak positif dari penyelenggaraan seri penutup ajang balap bergengsi World Super Bike 2021 pada 19-21 November 2021 dan helatan MotoGP yang akan dilaksanakan pada 18-20 Maret 2022.

Direktur Pengembangan Destinasi II Kemenparekraf, Wawan Gunawan mengatakan, event tersebut bukan hanya sekedar bagaimana promosi Indonesia melalui Mandalika menuju dunia melalui sirkuit ini. Namun bisa memberikan dampak dengan adanya lapangan pekerjaaan bagi masyarakat sekitar.Baca juga: Indahnya Desa Senaru, Jalur Favorit Pendaki Gunung Rinjani yang Kini Jadi Penyangga Wisata Super Prioritas

"Dan juga kami di destinasi bagaimana menyiapkan destinasi yang terintegrasi. Jadi bagaimana kesiapan-kesiapan di desa-desa wisata, karena sangat luar biasa saya kira. Desa-desa wisata yang ada di sekitar Mandalika dan Lombok lainnya, saya kira ini menjadi daya magnet tersendiri," kata Wawan Gunawan dalam acara diskusi virtual Forum Merdeka Barat 9 (FMB 9) dengan tema Superbike 2021: Dari Mandalika untuk Dunia, pada Selasa (16/11/2021)..

Termasuk destinasi wisata lainnya di Lombok Timur, Lombok Barat dan Lombok Utara yang memiliki kekuatan tersendiri untuk menarik wisatawan. "Kami sudah hadir. Kami hadir di berbagai lokasi- lokasi destinasi yang lokasinya tentu siap dikunjungi dan dinikmati oleh para wisatawan," terang dia.



Wawan mengaku pihaknya telah melihat kesiapan seluruh destinasi wisata yang siap dikunjungi dan dinikmati. Termasuk memastikan bagaimana ekonomi kreatif bisa bergerak di wilayah tersebut.

Dalam hal ini, ekonomi lokal bisa mendapatkan limpahan peningkatan omset bagi masyarakat sekitar Mandalika. "Jadi manfaatnya ketika sirkuit ini memang betul-betul sudah jadi, dalam artian eventnya juga berjalan dengan lancar, berkelanjutan paling penting ini adalah berkelanjutan," jelas dia.

Sehingga kehadiran event besar ini akan memberikan dampak yang sangat luar biasa. Memberikan kunci, bahwa masyarakat akan semakin sejahtera melalui sektor pengembangan parekraf dengan kehadiran sirkuit Mandalika yang berkelas internasional. Baca juga: Bubohu, Desa Wisata yang Dikenal Sebagai Bumi Serambi Madinah

Menurut Wawan, event tersebut sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin terkait dengan pengembangan sektor pariwisata ekonomi kreatif (parekraf) di lima destinasi super prioritas, terutama di Mandalika.

"Saya kira arahan pak Menteri sudah jelas dengan hadir di Mandalika bagaimana inovasi, adaptasi dan kolaborasi menjadi kunci dalam pengembangan event," tutupnya.
(don)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1452 seconds (10.177#12.26)