Asyik! Lewat Sidakeptri, Pencaker di Cimahi Mudah Cari Informasi Lowongan Kerja

Selasa, 16 November 2021 - 05:01 WIB
loading...
Asyik! Lewat Sidakeptri, Pencaker di Cimahi Mudah Cari Informasi Lowongan Kerja
Pemkot Cimahi melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) mengembangkan aplikasi sistem ketenagakerjaan dalam bentuk sarana pelayanan secara online, yakni Sistem Link And Match (Silima). Foto ilustrasi SINDOnews
A A A
CIMAHI - Pemkot Cimahi melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) mengembangkan aplikasi sistem ketenagakerjaan dalam bentuk sarana pelayanan secara online, yakni Sistem Link And Match (Silima) yang bertransformasi ke Sistem Informasi Data Ketenagakerjaan dan Pelatihan Terintegrasi (Sidakeptri). Lewat aplikasi tersebut pencari kerja (pencaker) mudah mendapatkan informasi lowongan kerja (loker).

Kepala Bidang Penempatan Pelatihan Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Disnaker Kota Cimahi, Teja Dahliawati menjelaskan, Sidakeptri merupakan aplikasi yang memberikan informasi tentang data ketenagakerjaan, lowongan pekerjaan serta pelatihan-pelatihan dalam satu sistem.

"Fitur yang ada dalam Sidakeptri itu terintegrasi dan bersinergi dengan Silima. Jadi pencaker bisa mengakses satu link tapi semua informasi bisa didapat," ucapnya, Senin (15/11/2021).

Teja menjelaskan, di dalam Silima itu ada lima pilar ketenagakerja, dilengkapi lagi dengan data ketenagekerjaan dan pelatihan oleh Sidakeptri. Data ketenagakerjaan dan pelatihan tidak hanya dari Cimahi saja, tetapi juga dari provinsi melalui Jabar Jawara-nya ataupun dengan Kemenaker melalui sisnaker-nya.

"Intinya Sidakeprti ini adalah pelengkap dari vitur yang ada di Silima yang terintegrasi baik dengan provinsi maupun dengan pusat," terangnya.

Saat ini, lanjut dia, Disnaker Kota Cimahi sedang melengkapi data dari vitur yang ada di Silami. Tambahannya adalah data ketenagakerjaan dengan data pelatihan. Namun Sidakeptri baru akan diimplementasi di tahun 2022, dan pengoperasiannya diklaim lebih mudah bagi masyarakat.

Rencananya, Silima diposisi pencetakan kartu AK1 secara digital, beserta vitur-vitur lain yang memang sudah dibangun oleh Silima, baik terkait lowongan kerja dan lain sebagainya. Sementara Sidakeptri melengkapi dari vitur yang belum dimunculkan oleh Silima ini, khususnya terkait dengan data ketenagakerjaan dan pelatihan.

"Informasi itu yang justru saat ini sangat dibutuhkan oleh teman-teman pencari kerja yang ada di Kota Cimahi untuk meningkatkan kompetensi mereka," pungkasnya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1863 seconds (0.1#10.140)