Maknai Hari Kesehatan Nasional, RS Siloam Sentosa Tambah Fasilitas CT Scan

Sabtu, 13 November 2021 - 00:10 WIB
loading...
Maknai Hari Kesehatan Nasional, RS Siloam Sentosa Tambah Fasilitas CT Scan
Bertepatan dengan Hari Kesehatan Nasional, Jumat (12/11/2021) hari ini, Rumah Sakit Siloam Sentosa kembali meningkatkan layanan kesehatan dengan menghadirkan fasilitas layanan CT scan. Foto ilustrasi SINDOnews
A A A
BEKASI - Bertepatan dengan Hari Kesehatan Nasional, Jumat (12/11/2021) hari ini, Rumah Sakit Siloam Sentosa yang berlokasi di wilayah Duren Jaya Bekasi Timur kembali meningkatkan layanan kesehatan dengan menghadirkan fasilitas layanan CT scan.

Direktur RS Siloam Sentosa, dr Kristianus Cahyono mengatakan, peningkatan layanan kesehatan merupakan komitmen pihaknya dalam melayani masyarakat umumnya, masyarakat di Kelurahan Duren Jaya khususnya.

"Pelayanan ini merupakan komitmen dan tanggung jawab kami terhadap masyarakat. Terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan hingga saat ini," tutur dr Kristianus Cahyono, Jumat (12/11/2021).

CT scan atau computerized tomography scan merupakan instrumen penting dalam pencitraan medis guna melengkapi fungsi sinar-X dan ultrasonografi medis. CT scan menghasilkan gambar jaringan lunak, tulang, dan pembuluh darah di tubuh manusia.

Menurut dr Michael A Sundakh, SpRad, dokter spesialis radiologi di RS Siloam Sentosa, gambar yang dihasilkan CT scan jauh lebih optimal dan lebih jelas ketimbang pemindaian dengan sinar-X biasa.

"CT scan kini banyak digunakan untuk membantu pencegahan atau deteksi penyakit. Hasil pemeriksaan CT scan membantu dokter mendiagnosis dan menentukan beragam kondisi pasien, dari gangguan otot, patah tulang, hingga kanker," ujarnya.

Sementara itu, dr Erwan Wijaya Putra Sianipar menyampaikan bahwa mengenai penanganan pasien pasca stroke dan golden time penanganan stroke dapat juga dibantu melalui layanan CT scan 32 slices yang telah dimiliki oleh Rumah Sakit Siloam Sentosa.

"Peran CT scan sangat optimal guna penanganan penyakit, termasuk bagi para pasien pasca stroke pun disaat golden Time dalam penanganan stroke. Hasil dari CT scan ini sangat membantu kami dalam mendiagnosis berbagai ragam penyakit," pungkas dr Erwan.

Dalam situasi darurat, lanjutnya, CT scan juga dapat membantu tim medis agar lebih cepat menentukan tingkat keparahan luka dalam atau perdarahan yang terjadi. "Keberadaan CT scan juga penting dalam diagnosis, pengobatan dan penelitian kanker," pungkasnya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1740 seconds (0.1#10.140)