Sehari Jelang Galungan, Penjor Hiasi Rumah dan Jalanan di Bali

Selasa, 09 November 2021 - 15:31 WIB
loading...
Sehari Jelang Galungan, Penjor Hiasi Rumah dan Jalanan di Bali
Sehari jelang Galungan, penjor hiasi rumah dan jalanan di Bali.Foto/ilustrasi
A A A
DENPASAR - Sehari menjelang Galungan , umat Hindu Bali sibuk memasang penjor di rumah masing-masing, Selasa (9/11/2021). Sore hari, bambu yang dihias janur dan tanaman lainnya itu dipasang dan menghiasi seluruh jalanan.

Sejak pagi, warga telah memadati toko yang biasa menyediakan perlengkapan upacara agama Hindu. Mereka membeli bambu utuh yang melengkung hingga ujung dan segala perlengkapan untuk membuat penjor.

Baca juga: Aktif di Desa Adat Bali, Warga Negara Inggris Ajukan Permohonan Jadi WNI

Setelah dibawa pulang ke rumah, mereka lalu mulai menghias penjor. "Tadi belanja bambu dan perlengkapannya habis Rp175 ribu," ujar Made Sadia, warga Denpasar.

Dia menuturkan, pemasangan penjor dilakukan pada saat pemampahan atau sehari menjelang Galungan. Hal itu sebagai simbol rasa syukur atas berkah Tuhan.

Baca juga: Ketua DPR RI Minta Pemprov Jatim Siapkan Langkah Konkret Atasi Pengangguran

Made menghias bambu itu dengan janur dan buah-buahan seperti kelapa dan pisang. Ada juga hasil bumi, mulai dari palawija, padi, jagung dan umbi-umbian.

Butuh waktu sedikitnya setengah hari untuk menghias bambu itu hingga menjadi penjor. Begitu jadi, penjor lalu dipasang di depan rumah. "Sebulan setelah Galungan, penjor baru dicabut," ujar Made.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1605 seconds (0.1#10.140)