Wayang Youth Festival 2021 Ajak Generasi Muda Lestarikan Nilai Luhur Bangsa

Selasa, 09 November 2021 - 01:35 WIB
loading...
Wayang Youth Festival 2021 Ajak Generasi Muda Lestarikan Nilai Luhur Bangsa
Memaknai Hari Wayang Nasional yang jatuh pada 7 November, BCA bersama Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi dan Sampan Bujana Sentra menyelenggarakan Wayang Youth Festival 2021. Foto ist
A A A
JAKARTA - Memaknai Hari Wayang Nasional (HWN) yang jatuh pada 7 November, BCA bersama Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi dan Sampan Bujana Sentra menyelenggarakan Wayang Youth Festival 2021. Festival yang akan diisi dengan perlombaan seni drama tari wayang dan komik strip wayang ini bertujuan untuk membangkitkan semangat para generasi muda agar mencitai dan melestarikan nilai budaya bangsa.

Penyelenggaraan Wayang Youth Festival 2021 ini seluruhnya dilakukan secara online dan terbuka bagi masyarakat dari berbagai usia. Seremoni pembukaan dilakukan secara simbolis oleh Presiden Direktur BCA, Jahja Setiaatmadja yang juga. Baca juga: Tradisi Wayang Menolak Punah di Tengah Gerusan Zaman

Hadir juga dalam acara pembuakaan secara virutal tersebut antara lain Cyrillus Harinowo (Komisaris BCA), Inge Setiawati (Executive Vice President CSR BCA), Restu Gunawan (Direktur Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan, Kemdikbud Ristek), Uniek Sampan Hismanto (Direktur Sampan Bujana Sentra), dan Ario Anindito (Professional Comic Artist).

Dalam sambutannya, Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja mengatakan, penyelenggaraan Wayang Youth Festival 2021 merupakan bagian upaya melestarikan seni budaya khususnya seni wayang. Lewat acara ini, lanjut Jahja, pihaknya mengajak generasi muda mengikuti kompetisi membuat komik wayang dan seni drama tari wayang.

“Melalui kegiatan ini kami ingin menggelorakan semangat kreativitas khususnya dalam aktivitas seni budaya anak bangsa yaitu seni wayang," tutur Jahja, Senin (8/11/2021).

Untuk diingat, pada 7 November 2003, UNESCO mengakui wayang kulit sebagai a Masterpiece of the Oral and Intangible Heritage of Humanity yang kemudian ditetapkan sebagai Hari Wayang Nasional.

Menurut Jahja, pengakuan ini harus dipertahankan dengan melestarikan nilai luhur wayang tersebut. "Kami pun berupaya menjalankan program pelestarian wayang secara konsisten sebagai usaha untuk mempertahankan penetapan Wayang Indonesia sebagai warisan maha karya dunia oleh UNESCO,” ujarnya. Baca juga:
Hari Santri 2021, Kemenag Gelar Wayang Virtual Semar Bangun Pesantren


Direktur Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan Kementerian Pendidikan , Budaya, Riset dan Teknologi, Restu Gunawan mengatakan, pihaknya menyambut baik upaya BCA dalam melestrarikan budaya wayang sebagai warisan dunia, terlebih mengajak generasi muda untuk berpartisipasi pada Wayang Youth Festival 2021.

"Saya berharap upaya sosialisasi dan diseminasi nilai-nilai wayang kepada generasi muda dapat terus berjalan sehingga outstanding universal value dari wayang yang sudah diakui sebagai warisan budaya dunia bisa terus berjalan agar bisa memberikan tuntunan dan tontonan kepada kita semua,” ujar Restu Gunawan.

Pendaftaran bagi yang ikut perlombaan pada ajang Wayang Youth Festival 2021 ini dibuka mulai Senin 8 hingga 28 November 2021.Dalam penyelenggaraannya nanti, panitia juga akan memberikan workshop untuk mengedukasi peserta terkait tema serta materi untuk mengikuti kompetisi. Kegiatan ini melibatkan sejumlah dewan juri yang merupakan pakar wayang, seni drama tari dan komik untuk menentukan hasil karya seni yang memiliki nilai tinggi.

“Kami berharap kegiatan ini dapat melahirkan dan memberikan motivasi bagi generasi muda untuk menanamkan kepedulian terhadap kesenian wayang. Karena jika tidak dimulai dari sekarang, maka kepunahan budaya ini pun mungkin bisa terjadi. Mari bersama kita bersemangat melestarikan wayang sebagai warisan mahakarya dunia,” kata Inge Setiawati, Executive Vice President CSR BCA.
(don)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2770 seconds (11.252#12.26)