Kembali, Inovasi Bupati Tanah Laut Ini Sabet Penghargaan Bergengsi KDI

Sabtu, 06 November 2021 - 01:03 WIB
loading...
Kembali, Inovasi Bupati Tanah Laut Ini Sabet Penghargaan Bergengsi KDI
Bupati Tanah Laut Sukamta berhasil memboyong penghargaan Kepala Daerah Inovatif 2021 untuk kategori Ekonomi, yang digelar di iNews Tower, Kebon Sirih, Jakarta Pusat Jumat (5/11/2021).
A A A
JAKARTA - Bupati Tanah Laut Sukamta berhasil memboyong penghargaan Kepala Daerah Inovatif 2021 untuk kategori Ekonomi. Penghargaan Kepala Daerah Inovatif (KDI) 2021 digelar oleh KORAN SINDO dan SINDOnews.com yang tergabung dalam MNC Portal Indonesia. Penghargaan diberikan sebagai apresiasi pada kepala daerah yang melakukan inovasi dan terobosan dalam membangun daerahnya.

Penghargaan diserahkan pada Bupati, karena dirinya dinilai berhasil membangkitkan ekonomi masyarakat. Dia memiliki inisiasi e-marketplace local yang selanjutnya disebut dengan Sistem Order Semua Instansi Lingkup Tanah Laut (Sosialita). Aplikasi ini memiliki tujuan besar yaitu memberdayakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) local.

Acara bergengsi ini dibuka oleh Executive Chairman MNC Group Hari Tanoesudibyo dan dihadiri sejumlah menteri yaitu Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki dan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Dalam sambutannya Hary Tanoesudibyo menyatakan apresiasinya pada kepala daerah yang memiliki inovasi tinggi dan memberi inspirasi. Mengingat saat ini ada dalam situasi yang tak mudah. Juga kepala daerah yang memberi inspirasi sehingga memberi kontribusi bagi masyarakat.

Sementara itu, terkait inovasi Teten menyatakan Pemerintah, terutama pemerintah daerah diharapkan terus mendorong percepatan digitalisasi UMKM karena selama pandemi yang bisa bertahan dan hidup adalah UMKM yang sudah terhubung ke ekosistem digital. “Target kita di tahun 2024 ada 37 juta UMKM yang terhubung ekosistem digital dan saat ini sudah ada 16, 4 juta. Jadi naik 105% sebelum pandemi. Jadi pandemi memang mempercepat UMKM transformasi digital, “ tuturnya.

Sementara itu usai menerima penghargaan Bupati Tanah Laut Sukamta menyatakan terima kasih kepada MNC Group yang telah memberikan apresiasi kepada Kabupaten Tanah laut untuk kali kedua. Ia juga tengah membuat terobosan baru agar UKM-UKM semakin maju, selain Sosialita.

“Bulan ini Sosialita akan kita integrasikan dengan marketplace nya LKPP, yakni Bela Pengadaan. Dengan kita bergabung Sosialita dan Bela Pengadaan LKPP inshaAlloh belanja instansi pemerintah daerah terutama dari pemerintah desa tidak lagi di bawah Rp50 juta tetap sampai dengan 200 juta, “ tuturnya.

Ia menyatakan itu adalah caranya untuk membesarkan UMKM di Tanah Laut. Dengan belanja sampai Rp200 juta dari BLUD, dari pemerintah desa, InshaAlloh UMKM kita akan menjadi besar, “ katanya.

Sosialita
Terkait latar belakang munculnya aplikasi ini sendiri sangat menarik. Berawal dari gagasan Bupati Tanah Laut Sukamta yang menginginkan adanya e-katalog lokal Kabupaten Tanah Laut. Tujuannya untuk memberdayakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) lokal. Namun karena adanya kebijakan dari LKPP yang mengarahkan agar e-katalog lokal kabupaten berada di bawah Pemerintah Provinsi, maka munculah ide untuk membuat aplikasi e-marketplace lokal.

“Di e-marketplace penjual dan pembeli dapat bertransaksi secara online yang secara fungsi tidak berbeda jauh dengan pasar biasa. E-marketplace ini juga memudahkan pelaksanaan pengadaan barang dan/atau jasa lainnya dengan nilai sampai dengan 50 juta rupiah yang selanjutnya disebut dengan Sistem Order Semua Instansi Lingkup Tanah Laut (Sosialita), “ ujar Bupati kelahiran Kulon Progo ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1865 seconds (0.1#10.140)