Safari Politik ke Jateng, Zulhas Konsolidasi Kader dan Promosikan UMKM Lokal

Jum'at, 05 November 2021 - 17:49 WIB
loading...
Safari Politik ke Jateng, Zulhas Konsolidasi Kader dan Promosikan UMKM Lokal
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan melihat proses pembuatan rokok kretek di Kudus, Jumat (5/11/2021). Kunjungan tersebut sebagai rangkaian safari politik ke sejumlah kota di Jawa Tengah. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JEPARA - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan mengunjungi Jepara dan Kudus, Jumat (5/11/2021). Kunjungan tersebut sebagai rangkaian safari politik ke sejumlah kota di Jawa Tengah.

Agenda diawali dengan sarapan pagi dan ramah tamah bersama Pemkab Jepara dan keluarga besar Pimpinan Daerah Muhammadiyah Jepara di Pendopo Kabupaten. Selepas dari pendapa, Zulhas bertolak ke RS PKU Aisyiyah Jepara.

“Kepada Pemda Jepara, saya titip Muhammadiyah. Ini organisasi masyarakat sipil penjaga keseimbangan NKRI. Muhammadiyah Jepara sedang membangun RS PKU Aisyiyah. Nanti saya bantu komunikasikan di Jakarta, tolong Pak Sekda juga bantu di Jepara,” kata Zulhas kepada Sekda Kabupaten Jepara Edy Sudjatmiko.

Dalam safari politiknya kali ini, Zulhas dan rombongan DPP PAN juga mengunjungi sejumlah sentra UMKM. Di Jepara Zulhas mengunjungi desa pengrajin ukir Jepara Mulyoharjo. Di sana ia melakukan dialog dengan para pengrajin dan pengusaha ukiran khas Jepara.

Para pengrajin itu berharap agar kebijakan ekspor tidak mengutamakan ekspor kayu mentah, tetapi hasil olahan dan kerajinan para pengrajin lokal. “Itu yang akan menghidupkan perekonomian para pengrajin lokal di Jepara,” kata Kepala Desa Mulyoharjo, Jupriyono.

Setelah dari Jepara, Zulhas bertolak ke Kabupaten Kudus. Di sana ia mengunjungi sejumlah pusat produksi rokok kretek lokal. Di antaranya rokok Jambu dan Lanjar di Kampung Juwed.

Di sana ia meninjau bagaimana industri kretek lokal bisa menggerakkan perekonomian kaum ibu. “Harus diperhatikan kesejahteraannya, jaminan kesehatannya, serta hak-haknya. Industri rumahan, lokal, dan UMKM harus berperspektif kesejahteraan rakyat.” Ujar Zulhas.

Dalam safari politiknya kali ini, Zulhas diagendakan berada di Jateng hingga Minggu (7/11/2021). Ia akan mengunjungi Pati, Rembang, Blora, dan Kendal. Safari politik ini sebagai bentuk konsolidasi kader dan pengurus serta meningkatkan silaturahmi PAN dengan elemen yang lebih luas.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1568 seconds (0.1#10.140)