Lestarikan Budaya Lokal, Bold Riders Bangkalan dan Kartar Pamekasan Kenakan Batik Saat Donor Darah

Kamis, 04 November 2021 - 17:14 WIB
loading...
Lestarikan Budaya Lokal, Bold Riders Bangkalan dan Kartar Pamekasan Kenakan Batik Saat Donor Darah
Komunitas anak motor Bold Riders Bangkalan dan karang taruna (karta) Heppiii Community di Pamekasan menggelar acara donor darah
A A A
SURABAYA - Komunitas anak motor Bold Riders Bangkalan dan karang taruna (karta) Heppiii Community di Pamekasan menggelar acara donor darah bertema Bhakti Pemuda Setetes Darah untuk Negeri 2021. Acara yang digelar Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Area (Kolaborasi KITA) ini oleh anak motor dilakukan sambil mengenalkan budaya lokal setempat dengan menggunakan batik madura.

Program donor darah ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan sosial yang telah diinisiasi oleh Kolaborasi KITA sejak tahun 2020. Dalam berbagai kegiatan itu, Kolaborasi KITA didukung berbagai komunitas besar seperti Super Friends, Bold Riders dan Karang Taruna (Karta) Heppiii Community yang tersebar di berbagai kota di Indonesia Timur.

Kegiatan Donor Darah serentak di wilayah Indonesia Timur dengan tema #SetetesDarahUntukNegeri2021 ini juga diharapkan akan memecahkan rekor dari Musium Rekor Dunia Indonesia (MURI). Ada dua kategori rekor MURI yaitu Donor Darah di Kabupaten/Kota Terbanyak dan pemecahan rekor donor darah oleh komunitas terbanyak.

Baca juga: Mengerikan! Kondisi Mobil Pajero Sport yang Ditumpangi Vanessa Angel Hancur

Sebelumnya di tahun 2020, Kolaborasi KITA juga telah mendapat penghargaan MURI yaitu Donor Darah oleh Komunitas Terbanyak dan Donor Darah oleh Karang Taruna (Karta) Terbanyak. Untuk kegiatan yang bertepatan dengan bulan Sumpah Pemuda 2021 ini melibatkan lebih dari 800 komunitas dengan ribuan anggota di 80 Kota/Kabupaten di Indonesia Timur.

Koordinator acara donor darah Kevien Agasta mengatakan ada dua komunitas yang terlibat dalam acara donor darah, yakni Bold Riders Bangkalan yang menggelar donor di Warkop Fafa Jl trunojoyo 16 Bangkalan. Kemudian komunitas Heppiii Community yakni Ana'en Reng Majheng bertempat di Desa Kaduaarah Barat, Lapangan Petik Laut Bahari.

"Jumlah anggota komunitas yang mendaftar ada 50 orang, dari jumlah itu terkumpul 31 kantong darah. Antusiasme peserta cukup tinggi, namun karena ada syarat yang harus dipenuhi seperti kondisi kesehatan dan minimal harus vaksin tahap pertama, maka ada 19 perserta yang tidak bisa diambil darahnya," jelasnya, Selasa (2/11).

Selain di Bangakalan, donor darah juga digelar di Pamekasan. Untuk Pamekasan terkumpul 12 kantong darah.

Pihaknya mengucapkan terima kasih atas partisipasi para komunitas yang dengan sukarela menyumbangkan darahnya untuk sosial. Komunitas KITA di Pamekasan dan Bangkalan juga memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada PMI. Apalagi ini adalah tahun kedua yang kegiatannya berjalan lancar seperti sebelumnya bersama PMI.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1596 seconds (0.1#10.140)