Terinspirasi Aksi Adi dan Istri, Ganjar Dorong Masyarakat Peduli Pada OGDJ

Kamis, 04 November 2021 - 12:35 WIB
loading...
Terinspirasi Aksi Adi dan Istri, Ganjar Dorong Masyarakat Peduli Pada OGDJ
Menurut Ganjar, metode dan pendekatan yang dilakukan Adi dan istri pada ODGJ sangat luar biasa.(Ist)
A A A
SEMARANG - Penampilan yang tak terurus, rambut gondrong, berkumis, dan janggut yang panjang. Melihatnya, tak ada yang berani mendekati karena pria itu dikenal pemarah dan sering membawa senjata tajam .

Belum lagi, seluruh tubuhnya yang dipenuhi dengan rantai. Mulai dari bagian leher, tangan, kuku, hingga telinga yang dipenuhi dengan aksesori rantai , uang koin, dan besi. Pria itu bernamaMuhammad Dardiri.

Orang-orang biasa memanggilnya Mamat. Ya, warga Desa Tlogoweru, Demak, Jawa Tengah itu mengalami gangguanKejiwaan. Namun kini, Mamat terlihat berbeda karena penampilannya yang lebih bersih.

Rambut gondrong yang menggimbal dipotong rapi. Kuku panjangnya dipotong dan kalung rantai di leher serta aksesori besi yang melekat di badannya berhasil dicopot.

Penampilan Mamat yang lebih baik layaknya orang normal itu berkat tangan dingin Sukaryo Adi Putro. Dia adalah orang yang peduli pada orang dengan gangguan jiwa (ODGJ).

Untuk mengubah penampilan Mamat,Adi tak sendiri, dia dibantu oleh pemilik akun Youtube Sinahu Hurip yang berhasil membujuk Mamat. Usaha yang dilakukan mereka pun didukung oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Ya, ternyata Ganjar telah lama mengamati sepak terjang Adi dari channel Youtube Sinau Hurip. Dia pun ingin menyaksikan sendiri, sekaligus belajar langsung bagaimana warga Kudus itu memanusiakan ODGJ.

Maka hari ini, Selasa (3/11), Ganjar sengaja datang untuk melihat aksi Adi di sela kunjungan kerjanya ke Jepara. Saat Ganjar datang, Adi dan istrinya sedang ngobrol dengan Mamat.

"Wah lha sampeyan lho, pripun kabare(gimana kabarnya). Sampeyan ngganteng tenan," sapa Ganjar pada Mamat.

Mamat pun menyapa dengan bahasa yang agak tidak masuk akal. Ia berkali-kali cerita bahwa ia dulunya adalah kuli bangunan. Bekerja membangun gedung 22 lantai. Mamat juga menceritakan bahwa dirinya penggemar dangdut, khususnya Rhoma Irama, Sony Joss, Brodin dan lainnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1100 seconds (0.1#10.140)