alexametrics

TPS Bertambah 1.800, KPU Medan Tunggu Arahan Pusat Soal Teknisnya

loading...
TPS Bertambah 1.800, KPU Medan Tunggu Arahan Pusat Soal Teknisnya
Ketua KPU Kota Medan, Agussyah Ramadani Damanik bersama Koordinator Divisi Teknis Penyelenggara KPU Medan, M Rinaldi Khair saat di Pemko Medan. Foto/ist
A+ A-
MEDAN - Tempat Pemungutan Suara (TPS) diestimasi akan bertambah 1.800 pada pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020, namun Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan menunggu arahan KPU Pusat soal penambahan anggaran dan teknisnya.

Ketua KPU Kota Medan, Agussyah Ramadani Damanik mengatakan untuk menyesuaikan pelaksanaan dengan penerapan protokol kesehatan, mereka mengestimasi penambahan jumlah TPS sebanyak 1.800 TPS. Dengan demikian jumlah TPS diperkirakan sebanyak 5.000 dari sebelumnya yang hanya 3.200 TPS. (Baca juga : Tahapan Pilkada Serentak Dimulai 15 Juni, KPU Medan Siap Terapkan Protokol Kesehatan)

"Estimasi kita jumlah TPS menjadi 5.000 TPS dengan maksimal jumlah pemilih 500 per TPS. Sebelumnya kan 3.200 dengan maksimal jumlah pemilih 800 per TPS," terangnya, Kamis (4/6/2020).



Menurutnya, pelaksanaan Pilkada di tengah pandemi Covid-19 membuat adanya perubahan-perubahan seputar teknis penyelenggara. Perubahan-perubahan ini terjadi mengingat dalam pelaksanaannya, KPU harus mematuhi protokol kesehatan yang menjadi anjuran pemerintah dalam rangka mencegah penularan virus mematikan tersebut.

Koordinator Divisi Teknis Penyelenggara KPU Medan, M Rinaldi Khair menuturkan dengan adanya penambahan jumlah tersebut maka otomatis akan ada penambahan jumlah petugas di TPS nantinya dan juga termasuk penambahan anggaran untuk rekrutmen dan honor. KPU Medan memastikan akan melakukan rekrutmen untuk penambahan namun hal ini masih menunggu petunjuk dari KPU RI maupun KPU Sumut.

"Kita akan lakukan kembali pemetaan dan pendataan ulang pemilih di TPS, jadi bisa didapat angka riil. Soal rekrutmen petugas KPPS tambahan, ini menunggu peraturan KPU yang baru," ungkapnya. (Baca juga : Pilkada Serentak 2020, KPU Medan Butuh PPK Berintegritas)

Pemerintah telah menyepakati penyelenggaraan Pilkada serentak 2020 digelar pada 9 Desember mendatang. Penyelenggaraan Pilkada di tengah pandemi covid-19 ini sendiri banyak menuai kritik dan juga dukungan.
(nfl)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak